4 Tanda Pasangan Manipulatif, Segera Akhiri Saja Hubunganmu

Gayuh Tri Pinjungwati diperbarui 15 Jul 2021, 10:35 WIB

Fimela.com, Jakarta Ketika berada dalam suatu hubungan, sangat sulit untuk mengidentifikasi kapan dirimu dimanipulasi oleh pasangan. Ini bisa sangat membingungkan karena konsep inti manipulasi adalah untuk mendapatkan kendali, kekuasaan, atau pengaruh atas seseorang dengan cara yang menipu dan sulit untuk benar-benar percaya bahwa seseorang yang kamu cintai melakukan ini kepadamu. Dirimu bisa menyamakan ini dengan bentuk pelecehan emosional di mana dalam hal ini, pasanganmu menggunakan metode atau teknik tertentu untuk memintamu mempertanyakan pikiran, emosi, perasaan, dan keputusanmu tentang hidup dan hubungan dengan cara yang sangat menipu.

Hubungan manipulatif bisa sangat merusak dan bisa diabaikan begitu saja. Ini adalah proses bertahap mengenai perubahan dalam dinamika suatu hubungan. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, tetapi kedua pasangan perlu diinvestasikan dalam menciptakan hubungan yang lebih saling menghormati dan memahami. Berikut ini adalah beberapa tanda seseorang memanipulasimu.

Dengarkan Suara Hatimu

Jika dirimu mempertanyakan perilaku dan niat pasanganmu mengenai kemungkinan manipulasi dengarkan suara hatimu. Jangan abaikan suara itu di dalam dirimu. Suara itu memberitahumu untuk bersandar, memperhatikan, dan waspada. Terlalu sering kita mengabaikan tanda peringatan yang mencoba berbicara kepada kita, jadi percayalah pada penilaianmu.

Pasangan Mencoba Mengendalikanmu

Jika dirimu merasa pasanganmu berusaha mengendalikan setiap gerakanmu, seperti menjauhkanmu dari teman dekat dan keluarga, membuat keputusan untuk atau membuatmu mempertanyakan keputusanmu, inilah saatnya untuk benar-benar memperhatikan pola perilaku pasanganmu dan ingkah laku. Ketika seseorang mencoba menjauhkanmu dari jaringan pribadi keluarga dan teman-temanmu, kamu mungkin ingin mengevaluasi motif mereka dan mempertanyakan niat mereka.

2 dari 3 halaman

Selalu Membuat Keputusan untuk Hubungan

Ilustrasi/copyrightshutterstock/metamorworks

Jika kamu melihat bahwa pasanganmu mengambil kekuatan pilihanmu, ini adalah tanda bahaya besar. Ketika pasanganmu mulai membuat semua keputusan tentang hubungan itu, seperti ke mana kamu bisa pergi, dengan siapa bergaul atau berbicara, apa yang bisa dan tidak bisa kamu lakukan, inilah saatnya untuk mendapatkan kembali kekuatan pilihanmu. Jika kamu mengizinkan seseorang untuk mengambil kekuatan pribadimu untuk memilih menjauh darimu, penting untuk merebut kembali kekuatan itu. Dirimu seharusnya tidak pernah merasa bahwa kamu perlu mencari atau meminta izin.

Memanipulasi Secara Emosional

Bendera merah besar lainnya adalah ketika pasanganmu mencoba memanipulasimu secara emosional. Misalnya, jika pasanganmu mencoba meyakinkanmu untuk melakukan sesuatu yang tidak sejalan dengan nilai-nilaimu atau berusaha membuatmu merasa tidak enak dengan menjadi terlalu emosional atau menggertakmu, berhentilah sejenak untuk mengevaluasi nilai-nilaimu sendiri dan tentukan apakah hubungan itu baik-baik saja.

Ketika kamu mengalami hal ini, pikirkan kembali untuk tetap bersamanya. Kamu berhak dan layak mendapatkan seseorang yang lebih baik.

3 dari 3 halaman

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen