5 Ciri Orang yang Tidak Bisa Dipercaya

Baiq Nurul Nahdiat diperbarui 05 Nov 2021, 16:05 WIB

Fimela.com, Jakarta Tentu saja kita tidak bisa percaya pada semua orang karena tidak semua orang itu baik. Terlebih jika berurusan dengan orang yang tidak bisa dipercaya, mereka tak hanya akan merugikanmu tapi juga membahayakan bagi kehidupanmu. Jadi, jangan ceritakan semua masalah pribadimu pada orang lain sebelum kamu tahu orang itu bisa kamu percaya atau tidak.

Agar kamu lebih berhati-hati, berikut ini beberapa tanda orang yang tidak bisa dipercaya.

1. Tidak berempati

Orang yang tidak suka berempati biasanya kurang peka terhadap perasaan orang lain. Bahkan jika mereka membuat orang lain sakit hati, mereka jarang sekali mau meminta maaf. Dari sini kita bisa liat bahwa mereka bukan teman yang bisa menghargai orang lain, jadi kamu tidak bisa memercayai dia sepenuhnya.

2. Suka menyalahkan orang lain

Orang yang tidak dapat dipercaya tidak pernah menganggap diri mereka bertanggung jawab atas kesalahan apa pun, sebaliknya mereka akan mencoba membalikkan keadaan, dengan menyalahkan orang di sekitarnya. Bahkan, mereka akan menjebak orang lain untuk mengambil kesalahannya.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

3. Tidak bisa menjaga rahasia

Ciri Orang yang Tidak Bisa Dipercaya. (ilustrasi/wear it out/Shutterstock)

Jika seseorang bersumpah untuk merahasiakan sesuatu, kemungkinan besar ia orang yang paling tidak bisa kamu percaya. Dia bahkan tidak peduli jika itu merugikan atau merusak perasaan orang lain. Tapi sebaliknya, mereka selalu mengharapkan agar orang lain bisa menjaga rahasianya sebaik mungkin.

4. Tidak konsisten

Orang yang tidak konsisten memiliki perilaku yang berubah-ubah dan tidak bisa berpegang pada satu hal. Jangankan bagi orang lain, terkadang mereka juga tidak bisa memutuskan keputusan untuk dirinya sendiri. Mereka juga tidak bisa menepati janji untuk diandalkan.

3 dari 3 halaman

5. Suka melanggar privasi orang lain

Ciri Orang yang Tidak Bisa Dipercaya. (ilustrasi/Photo by cottonbro from Pexels)

Selain kurangnya empati, orang yang bisa dapat dipercaya juga tidak peduli dengan ruang pribadi orang lain. Ini adalah perilaku yang buruk, karena mereka membuat orang lain tidak nyaman. Mereka juga tidak pernah memerhatikan konsekuensi atas tindakannya tersebut pada orang lain. Misalnya mereka biasa saja masuk kamar orang lain atau mengecek ponsel tanpa seizin pemiliknya.

Jika kamu menemukan tanda-tanda tersebut pada temanmu, sebaiknya kamu berhati-hati dan harus tahu cara menghadapinya.

#ElevateWomen