Optimalkan Persiapan Pelajar Hadapi UTBK, Ruangguru Gelar Program Holistik

Hilda Irach diperbarui 11 Jan 2022, 19:40 WIB

Fimela.com, Jakarta Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 sebagai syarat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) semakin dekat. Pendaftaran UTBK untuk SBMPTN 2022 ini akan dimulai pada 23 Maret hingga 15 April 2022.

Banyak platform edukasi online yang menawarkan berbagai persiapan agar pelajar bisa masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang diimpikan, salah satunya Ruangguru.

Ruangguru menggelar program holistik #PelatnasUTBK yang dikhususkan bagi pelajar dalam persiapan menghadapi UTBK dan mewujudkan impian masuk PTN. Program ini dibuat Ruangguru karena pendidikan tinggi masih menjadi salah satu faktor penting penentu masa depan seseorang.

VP Marketing Ruangguru Ignatius Untung Surapati pun menuturkan bahwa PTN masih menjadi pilihan pendidikan tinggi utama bagi banyak pelajar Indonesia, bukan hanya karena akreditasi yang baik, tetapi juga karena biaya pendidikan yang relatif terjangkau.

“Kami melihat alasan orang mengejar PTN karena biaya, lebih bersahabat karena milik pemerintah, kualitas standar juga terjaga,” ungkapnya dalam Media Gathering Peluncuran #PelatnasUTBK, Program Holistik Persiapan UTBK, Selasa (11/1/2021).

 
What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Dukung Pelajar Sukses UTBK dengan PelatnasUTBK

Ruangguru bantu persiapan pelajar hadapi UTBK lewat program holistik #PelatnasUTBK. (pexels/shvetsproduction).

Meski demikian, berhasil diterima di PTN impian tidaklah mudah. Terlebih UTBK merupakan salah satu jalur yang memiliki persaingan yang ketat.

Selain itu, Ignatius tak memungkiri menjaga motivasi, disiplin, dan konsistensi dari awal persiapan hingga UTBK justru menjadi tantangan yang nyata bagi para pelajar selain latihan soal. Maka dari itu, Ruangguru mempersiapkan program holistik #PelatnasUTBK.

Pelatnas UTBK merupakan program untuk mengasah kemampuan teknis dan program kesiapan mental untuk membangun motivasi dan menjaga konsistensi belajar para pelajar yang akan berjuang menghadapi UTBK.

Program ini terinspirasi dari perjuangan atlet nasional Greysia Polii, yang telah melalui proses panjang serta membutuhkan kesiapan mental dan konsistensi dalam berlatih mengasah kemampuan teknis saat ia mempersiapkan diri bertanding di ajang Olimpiade.

“Menghadapi tuntutan dan situasi seperti UTBK dapat menyebabkan tingkat stres yang relatif tinggi yang berdampak pula pada turunnya motivasi belaja. Sehingga penyerapan informasi pun menjadi tidak optimal karena kelelahan otak. Oleh karena itu, program Pelatnas UTBK tak hanya fokus pada latihan soal, tetapi juga fisik dan mental,” jelas Ignatius.

3 dari 3 halaman

Asah Kemampuan Teknis dan Kesiapan Mental Pelajar

Ruangguru bantu persiapan pelajar hadapi UTBK lewat program holistik #PelatnasUTBK. (Ruangguru).

Program Pelatnas UTBK ini terdiri dari dua pendekatan, yakni program untuk mengasah kemampuan teknis dan program kesiapan mental untuk membangun motivasi dan menjaga konsistensi belajar para pelajar yang akan menghadapi UTBK.

Adapun beragam program pengasahan kemampuan teknis meliputi UTBK Center, UTBK Experts, Kitab UTBK dan Latihan Soal Harian. Sementara  beragam program kesiapan mental terdiri dari UTBK Experts-Special Series, Sesi tanya jawab bersama pendiri Ruangguru, Webinar bersama psikolog, hingga festival Cita-cita.

Program #PelatnasUTBK dihadirkan melalui beberapa pilihan paket di dalam aplikasi Ruangguru dengan fitur layanan yang berbeda, yakni #PelatnasUTBK Umum yang tidak berbayar dan #PelatnasUTBK Intensif bagi pelajar yang telah membeli paket ruangbelajar SMA + UTBK 6 bulan atau paket Brain Academy Online Premium SMA + UTBK Intensif Semester Genap.

#Women for Women