Pria Ini Positif COVID-19 hingga 78 Kali dan Harus Jalani Isolasi selama 1 Tahun Lebih

Annissa Wulan diperbarui 10 Feb 2022, 18:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Kemungkinan untuk terinfeksi COVID-19 hingga beberapa kali memang ada, tapi bagaimana jika kamu harus menjalani isolasi hingga berbulan-bulan karena puluhan kali positif COVID-19? Pengalaman ini dialami oleh seorang pria asal Turki bernama Muzaffer Kaysan.

Berusia 56 tahun, Muzaffer diketahui telah menghabiskan waktu selama 14 bulan untuk isolasi, karena dirinya terdeteksi positif COVID-19 sebanyak 78 kali. Apakah ini mungkin?

Muzaffer telah melakukan tes COVID-19 sejak terinfeksi pertama kali pada November 2020 lalu, sebanyak 78 kali. Dan sebanyak 78 kali itulah, ia menerima hasil positif.

 

2 dari 2 halaman

Terinfeksi hingga 78 kali, pria asal Turki harus jalani isolasi hingga 1 tahun lebih

Terinfeksi hingga 78 kali, pria asal Turki harus jalani isolasi hingga 1 tahun lebih.

Pertama kali terinfeksi, Muzaffer harus menjalani perawatan di rumah sakit karena diketahui dirinya memiliki penyakit bawaan atau komorbid, membuatnya berisiko mengalami gejala COVID-19 yang lebih parah. Muzaffer menderita leukimia dan immunocompromised, yang membuat virus tinggal lebih lama di tubuhnya.

Karena isolasi yang sangat lama yang harus dijalaninya, ia tidak bisa berinteraksi dengan orang-orang yang dicintainya, keluarga dan teman-temannya. Diketahui hanya istri dan anak bungsunya yang tinggal bersama Muzaffer.

"Aku tidak punya masalah untuk tinggal di sini, selain aku tidak bisa menyentuh orang-orang yang kucintai, ini sangat sulit. Aku bahkan tidak bisa divaksinasi karena kondisiku," cerita Muzaffer yang dilansir dari Liputan6.com.