Ajarkan Anak Ungkapkan Rasa Sayang demi Hubungan yang Positif

Fimela Reporter diperbarui 21 Apr 2022, 18:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Hubungan yang paling penting bagi seorang anak adalah hubungan yang mereka kembangkan dengan orangtua atau pengasuhnya. Anak-anak belajar tentang dunia di sekitar mereka melalui hubungan orangtua-anak yang positif. 

Saat mereka tumbuh dan berubah, anak melihat kepada orangtua mereka untuk menentukan apakah mereka aman, terlindungi, dan dicintai atau tidak. Ini juga merupakan fondasi dari mana mereka akan membangun hubungan masa depan mereka.

Sebagai orangtua, membangun hubungan yang positif dengan menikmati momen bersama anak. Menghabiskan waktu berkualitas bersama, dan menciptakan lingkungan di mana mereka merasa nyaman untuk dijelajahi. Mungkin memang sulit, namun, jika kamu terus berupaya meningkatkan hubungan dengan anak pasti akan berkembang. Berikut beberapa cara ajarkan anak ungkapkan rasa sayang.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Tunjukkan cintamu

Parenting. Foto: redorbit

Penting agar anak menerima sentuhan lembut dan penuh kasih (yaitu pelukan) dari orangtua beberapa kali sepanjang hari. Perlakukan setiap interaksi sebagai kesempatan untuk terhubung dengan anak Anda. Sapa mereka dengan ekspresi hangat, berikan kontak mata, senyum, dan dorong interaksi yang jujur.

Dengarkan dan berempati

Koneksi dimulai dengan mendengarkan. Akui perasaan anak, tunjukkan kepada mereka bahwa Anda mengerti, dan yakinkan mereka bahwa kamu ada untuk membantu apa pun yang mereka butuhkan. Cobalah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang anak. Dengan mendengarkan dan berempati dengan anak, kamu akan mulai menumbuhkan rasa saling menghormati.

3 dari 3 halaman

Ungkapkan rasa sayang pada anak

Ilustrasi parenting | pexels.com/@ketut-subiyanto

Sering tersirat bahwa kita mencintai anak-anak kita, tetapi pastikan untuk memberi tahu mereka setiap hari, berapapun usia mereka. Bahkan ketika anak sedang berada dalam masa sulit atau melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai, ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk mengingatkan mereka bahwa kamu mencintai mereka tanpa syarat. Sebuah "Aku mencintaimu" sederhana dapat memiliki dampak besar pada hubungan jangka panjang bagi orangtua dan anak.

 

*Penulis: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf.

#Women For Women