Bacaan Niat Puasa Ramadan dan Kapan Waktu Seharusnya Dibaca

Mimi Rohmitriasih diperbarui 28 Apr 2023, 13:58 WIB

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Ramadan telah tiba Sahabat Fimela. Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa karena setiap ibadah akan berpahala berlipat ganda. Bulan Ramadan diibaratkan lebih baik dari seribu bulan karena bulan ini syarat akan beragam kebaikan. 

BACA JUGA: Doa Serta Niat Puasa Ramadhan Lengkap

Mengenai Ramadan, hal yang paling identik dengan Ramadan adalah puasa Ramadan. Puasa merupakan aktivitas menahan haus dan lapar serta segala nafsu yang bisa membatalkannya. Puasa dilakukan mulai terbit fajar hingga waktu maghrib. Sama seperti puasa lainnya, umat muslim yang melaksanakan puasa Ramadan diwajibkan membaca niat puasa Ramadan. Berikut bacaan niatnya.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Bacaan Niat Puasa Ramadan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta'âla.

Artinya: Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fadhu puasa Ramadan karena Allah ta’ala. 

3 dari 3 halaman

Kapan Niat Puasa Ramadan Harus Dibaca?

Ilustrasi Membaca Doa Credit: freepik.com

Jika puasa sunah niat puasa bisa diucapkan pada hari kamu berpuasa sebelum waktu dzuhur tiba dengan syarat kamu belum makan atau pun minum apapun sebelumnya, puasa Ramadan niatnya harus dibaca malam hari sebelum kamu berniat berpuasa. 

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Barangsiapa yang belum berniat (untuk puasa) di malam hari sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya." (HR. Ad-Daru Quthni dan Al- Baihaqi).”

Niat puasa Ramadan bisa dibaca selepas berbuka puasa hingga sebelum imsyak. Niat puasa ini juga berlaku setiap hari selama bulan Ramadan. Penting kita tahu, membaca niat puasa Ramadan adalah suatu kewajiban. Ini akan lebih baik jika niat dilakukan bersama dengan makan sahur setiap harinya. Well Sahabat Fimela, sudah siap menyambut Ramadan? Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen