4 Cara Mengatasi Rasa Curiga Berlebihan ke Pasangan

Mimi Rohmitriasih diperbarui 07 Mei 2022, 09:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Kepercayaan sangat penting dalam hubungan asmara. Tanpa rasa percaya, hubungan akan terasa membosankan bahkan membuat siapa saja di dalamnya rentan mengakhiri hubungan yang ada. Merasa curiga dan cemburu sebenarnya adalah hal yang wajar. Namun, jika rasa curiga dan cemburu yang ada sudah berlebihan, ini sangat tidak baik untuk kelanjutan hubungan. 

Karena rasa curiga dan cemburu, tidak sedikit orang yang melarang pasangannya untuk melakukan segala hal. Padahal nih ya, ketika pasangan merasa tertekan dan banyak dilarang untuk melakukan sesuatu, ini bisa membuatnya tidak nyaman. Risiko berselingkuh dan menjalin hubungan dengan seseorang yang membuatnya nyaman akan jadi lebih besar. 

Daripada banyak melarang pasangan karena rasa curiga dan cemburu berlebihan, atasi rasa curiga yang berlebihan ini Sahabat Fimela. Berikut tips mengatasi curiga berlebihan ke pasangan.

2 dari 5 halaman

Pastikan Komunikasi Berjalan Baik

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Lakukan komunikasi yang baik dengan pasangan setiap hari. Komunikasi yang baik adalah kunci utama hubungan asmara yang baik pula. Komunikasi yang baik juga meningkatkan rasa percaya dan saling memahami juga saling mengerti satu sama lainnya.

3 dari 5 halaman

Jaga Sikap Agar Tetap Menyenangkan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Usahakan untuk menjaga sikapmu di hadapan pasangan. Pastikan agar sikapmu selalu menyenangkan di hadapan pasangan. Jangan mudah ngambek, mengadu akan hal-hal yang negatif, bersikap pemarah, mudah mengeluh dan mudah berpikir negatif. Sikap yang ramah, pengertian dan memahami akan membuat pasangan merasa lebih bahagia serta nyaman.

4 dari 5 halaman

Kenali Sahabat dan Keluarga Pasangan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Dragon Images

Cobalah untuk mengenali sahabat dan keluarga pasangan. Dengan mengenal dan dekat dengan sahabat juga keluarga pasangan, ini akan membuat rasa curiga di hatimu berkurang. Ketika kamu dekat dengan sahabat juga keluarga pasangan, ini bisa membuatmu lebih mengenal pasangan dan mengetahui apakah dia berselingkuh di belakangmu atau tidak. 

5 dari 5 halaman

Percaya Sepenuhnya ke Pasangan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Usahakan untuk percaya sepenuhnya ke pasangan. Meski menaruh rasa percaya sepenuhnya, kamu tetap boleh mengecek handphone pasangan. Tapi ingat, cek handphone pasangan di saat tertentu saja. Hindari mengecek handphone pasangan setiap saat. Ini justru akan membuat pasangan merasa tidak nyaman dan rentan bosan dengan hubungan yang ada. 

Itulah beberapa tips mencegah rasa curiga berlebihan ke pasangan. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan terlalu berlebihan dalam menaruh rasa curiga apalagi menuduh pasangan yang tidak-tidak.

#WomenForWomen