4 Tips Menjaga Romansa dalam Hubungan Pernikahan Tetap Hidup

Gayuh Tri Pinjungwati diperbarui 18 Jun 2022, 08:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Menciptakan romansa dalam hubungan tentunya tidak begitu rumit. Hanya saja diperlukan usaha kedua pihak untuk menciptakannya. Sikap romantis menjadi bagian dari menjaga hubungan tetap bahagia dan harmonis. Dalam pernikahan misalnya, akan ada fase di mana hubunganmu mulai tampak membosankan dan romansa akan berperan dalam menjaga hubungan tetap utuh dan lenggang. Lalu bagaimana cara menghidupkan romansa pernikahan bersama pasangan? Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jelajahi Keintiman Non-Seksual

Jangan salah paham hubungan intim itu hebat. Ini juga merupakan kesempatan bagus untuk mengeksplorasi bagaimana menjadi romantis, tetapi ada begitu banyak bentuk keintiman lain yang bisa menjadi romantis.

Tampilan fisik yang tulus dari kasih sayang, seperti berpelukan, berpegangan tangan, mencium bibir, dan bahkan mempertahankan kontak mata, semuanya sangat terkait dengan meningkatkan kepuasan pasangan dan meningkatkan rasa keintiman dalam suatu hubungan. Oksitosin yang dilepaskan selama sentuhan fisik juga mengurangi stres. 

2 dari 2 halaman

2. Simpan Kenangan Khusus

Ilustrasi/ copyright shutterstock/ Makistock

Menjadi romantis tidak selalu melibatkan puisi yang luar biasa atau kencan malam. Ambil, misalnya, menyimpan kotak kenang-kenangan dari hubunganmu. Anggap saja sebagai lembar memo yang didekonstruksi. Di dalam kotak kayu, simpan surat-surat, kertas kado dari hadiah, tiket konser, dan kenangan nyata lainnya yang kamu miliki bersama pasangan.

3. Cari Cara untuk Menjadi Manis

Seperti yang dinyatakan di awal, terkadang gerakan paling romantis adalah yang paling sederhana. Studi menunjukkan bahwa hubungan di mana pasangan menunjukkan rasa terima kasih satu sama lain telah meningkatkan kepuasan pernikahan dibandingkan dengan pasangan yang melewatkan kesenangan dan ucapan terima kasih mereka.

4. Jaga Suasana Hati

Salah satu ide paling romantis melibatkan keintiman seksual. Lagi pula, apa yang lebih romantis daripada berbagi keintiman dan kerentanan seperti itu dengan pasanganmu. Mainkan musik lembut atau sensual, jadwalkan waktu di mana kalian bisa berduaan, nyalakan lilin, atau siapkan perapian. Gabungkan semua hal ini, dan kamu sudah mulai menciptakan suasana romantis. 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat membantumu untuk tetap mempertahankan romansa dalam hubungan pernikahan bersama pasangan. 

#WomenforWomen