5 Manfaat Tersenyum yang Membuat Hidupmu Terasa Lebih Indah

Endah Wijayanti diperbarui 14 Des 2022, 07:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Tersenyum sebenarnya mudah dilakukan. Hanya saja kadang berbagai masalah dan persoalan hidup yang penuh tekanan membuat kita tak sempat tersenyum. Suasana hati yang sedang buruk atau tak karuan pun kadang membuat kita enggan menyunggingkan seulas senyuman.

Walau mungkin hari yang kamu jalani ini berat, jangan lupa untuk menghadirkan seulas senyuman. Sebuah senyuman bisa membuat hidup jadi tampak lebih indah. Bahkan pesona cantik alami dirimu makin terpancar.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Membuat Wajah Tampak Lebih Awet Muda

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Natdanai+Pankong

Wajah orang yang tersenyum senantiasa memancarkan aura menyenangkan. Seulas senyuman bisa membuat aura wajah jadi tampak lebih cerah. Bahkan bisa membuatnya tampak lebih awet muda. Daripada murung dan cemberut, mending tersenyum untuk bisa terlihat lebih cantik dan awet muda. Mengawali hari dengan senyuman juga bisa membuat kecantikanmu makin terpancar.

3 dari 6 halaman

2. Membuat Pikiran Terasa Lebih Jernih

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Prathan

Saat sedang stres atau ada banyak masalah, biasanya wajah akan tampak muram. Makin muram ekspresi kita, makin rumit dan penuh tekanan rasanya stres yang kita rasakan. Cobalah untuk tersenyum. Tersenyum bisa bantu rileskan otot-otot di wajah dan ini bisa membuat pikiran kita jadi lebih jernih. Saat pikiran lebih jernih, kita bisa tetap tenang menghadapi berbagai persoalan hidup.

4 dari 6 halaman

3. Membuat Tubuh Terasa Lebih Bugar

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chungyam

Olahraga rutin perlu juga diimbangi dengan selalu tersenyum. Orang-orang yang sering tersenyum memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik. Kondisi tubuh yang santai dengan kekebalan tubuh yang baik akan mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Pencernaan juga lebih sehat. Tersenyum bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

5 dari 6 halaman

4. Membuat Suasana Hati Membaik

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Sittipong+Sirichamnan

Kalau sedang mengalami hari buruk, tarik napas perlahan, embuskan, lalu cobalah tersenyum perlahan. Senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yang bisa membuat suasana hati kita bahagia. Saat pikiran sedang kalut atau suasana hati sedang buruk, ambillah waktu untuk tersenyum, karena bisa bantu perbaiki suasana hati jadi lebih baik. Perasaan pun bisa makin tenang.

6 dari 6 halaman

5. Membuat Emosi Jadi Lebih Mudah Dikendalikan

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chungyam

Saat marah dan panas berlebihan harus disirami dengan emosi dingin, sedangkan saat tidak bersemangat atau dingin maka jantung harus dipicu kembali dengan emosi panas. Mengutip buku How to Respect Myself, mengontrol emosi dengan baik artinya mengetahui cara mengombinasikan perasaan dengan tepat. Tersenyum bisa bantu hadirkan emosi dingin sehingga bisa memudahkan kita untuk mengendalikan diri saat sedang marah atau merasakan emosi panas. Rona wajah pun akan tampak lebih cantik saat tersenyum.

Itu tadi lima manfaat tersenyum. Jadi, sudahkah tersenyum hari ini? Semoga hari-harimu jadi terasa lebih indah dengan senyuman di wajah.

#WomenforWomen