5 Tanda Dirimu Bisa Bangkit dari Titik Terendah yang Dihadapi Tahun Ini

Endah Wijayanti diperbarui 18 Des 2022, 18:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Tahun ini telah memberikan banyak pengalaman dan pelajaran. Bahkan ada cobaan dan ujian hidup yang mungkin sempat membuatmu berada di titik terendah dalam hidup. Walau sempat terpuruk dan menghadapi titik terendah tahun ini, sebenarnya kamu bisa kembali bangkit dan jadi pribadi yang lebih kuat.

Kini, saatnya mencoba untuk mengumpulkan semangat baru. Di dalam dirimu ada hati yang tangguh dan lebih kuat sehingga bisa bangkit lagi dari titik terendah yang dihadapi tahun ini. Tanda-tandanya bisa dilihat dari hal-hal berikut ini.

 

 

2 dari 6 halaman

1. Bisa Mengapresiasi Perjalanan Hidup Sendiri

ilustrasi perempuan bahagia/photo created by tirachardz - www.freepik.com

Saat kita sudah memilih untuk bertahan di situasi tersulit, itu sudah menjadi sebuah keberanian luar biasa. Situasi sulit dan titik terendah yang sempat membuatmu terpuruk, tapi ketika kamu memilih untuk mengambil hikmah atau pelajaran dari pengalaman yang ada, maka kamu bisa kembali kuat untuk melangkah ke depan. Selama kamu memilih untuk mengapresiasi perjalanan hidupmu sendiri, maka kamu bisa kembali kuat melangkah ke depan.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Tahu Cara Mengelola Stres dengan Lebih Baik

ilustrasi/Teerawit Chankowet/Shutterstock

Saat kamu tahu cara mengelola dan meredakan stres yang kamu rasakan dengan baik, maka kamu selalu bisa bangkit dari titik terendah hidupmu. Mengutip buku Merawat Luka Batin, orang yang mampu mengatasi stres dan tantangan hidup dengan baik adalah mereka yang mampu mengubah pengalaman yang tidak menyenangkan menjadi sesuatu yang bermakna. Titik terendah pun bisa kamu sikapi sebagai bagian dari proses pendewasaan diri, dan ini akan membuatmu bisa lebih tenang menghadapi situasi yang ada.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Bisa Berlapang Dada Menerima Realitas yang Ada

ilustrasi tersenyum bahagia/Blue Titan/Shutterstock

Untuk bisa kembali tenang, kita perlu meletakkan hal-hal yang tak semestinya terus kita pikul lagi. Saat dirimu bisa berlapang dada menerima realitas yang ada, maka kamu bisa lebih mudah bangkit dari keterpurukan dan titik terendah yang kamu hadapi. Tahun ini mungkin memberimu sejumlah pengalaman baru yang tak menyenangkan, tapi saat kamu bisa menyikapinya dengan hati yang lebih lapang, maka kamu akan selalu menemukan kekuatan baru untuk melangkah ke depan.

 

5 dari 6 halaman

4. Bisa Bahagia dengan Cara Sendiri

ilustrasi perempuan bahagia/carballo/Shutterstock

 

Kamu bisa bangkit dari titik terendah hidup saat kamu selalu bisa mengupayakan kebahagiaanmu sendiri. Selama kamu bisa mengupayakan kebahagiaanmu sendiri, maka kamu akan selalu bisa menemukan semangat baru untuk menjalani hidup. Di tengah semua kompleksitas hidup yang kamu alami tahun ini, saat kamu masih bisa bahagia dengan cara-cara sederhana, maka kamu bisa makin tegar menjalani hidupmu.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Bisa Makin Menyayangi Diri Sendiri

ilustrasi perempuan bahagia/Anna Nahabed/Shutterstock

Tahun ini mungkin terasa berat, tapi selama kamu bisa tetap menyayangi diri sendiri sebaik mungkin maka kamu bisa tetap menjalani hidup dengan lebih nyaman. Berdamai dengan kesepian dan hal-hal tak menyenangkan menjadi lebih mudah saat kita makin menyayangi diri sendiri. Sebab saat kita sudah makin akrab berteman dengan diri sendiri, kita bisa selalu berusaha melihat sisi baik dari tiap hal dan kejadian yang kita alami.

Semoga dirimu kini bisa menjadi kuat dan tegar dalam menjalani hidup. Yakini saja bahwa di balik setiap kesulitan, selalu ada kemudahan yang akan menguatkanmu.

 

#WomenforWomen