7 Cara Sederhana Belajar Menjadi Orang yang Sabar

Gayuh Tri Pinjungwati diperbarui 19 Jan 2023, 08:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela begitu pemarah sehingga semua orang akan segera meninggalkan kamu setiap kali kamu merasa kesal? Atau apakah kamu tipe orang yang menginginkan kepuasan instan? Menjadi tidak sabar dapat menyebabkanmu menghadapi sejumlah masalah. Ini dapat menyebabkan hubungan yang rusak, reputasi yang tercemar, dan keputusan impulsif yang mungkin kamu sesali nanti.

Tentu menjadi sabar juga bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Kamu perlu untuk mengendalikan diri, kesabaran dan temperamenmu. Lalu, bagaimana cara untuk menjadi lebih sabar? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Berhenti Memeriksa Waktu

Setiap kali kamu terlambat atau kamu menemui orang yang lambat, kendalikan dirimu dari memeriksa jam tangan setiap menit. Semakin kamu melakukannya, semakin kamu menjadi tidak sabar. Lakukan yang terbaik untuk mencapai tujuanmu sesegera mungkin, atau lakukan sesuatu yang produktif dengan waktumu, sementara orang yang kamu tunggu sedang dalam perjalanan. Dengan demikian, kamu menyelamatkan diri dari suasana hati yang buruk.

2. Hindari Multitasking

Terkadang, kita melakukan banyak tugas karena kita berharap dapat menyelesaikan beberapa tugas secara bersamaan. Namun, ini adalah strategi yang buruk karena kurangnya fokus pada setiap tugas akan menghasilkan kualitas hasil yang rendah dan kemajuan yang lebih lambat untuk setiap tugas karena perhatianmu terbagi. Metode terbaik adalah melakukan satu hal pada satu waktu dengan konsentrasi dan kecepatan penuh.

3. Belajarlah Mengatur Waktu dengan Baik

Manajemen waktu yang buruk dapat menyebabkan kamu menjejalkan, yang dapat sangat memicu ketidaksabaran. Misalnya, kamu mungkin sangat marah pada arus lalu lintas yang padat karena kamu sudah terlambat, tetapi kamu sebenarnya bisa meninggalkan rumah lebih awal untuk menghindari kemacetan jalan harian ini. Atau kamu marah karena kamu ingat kamu mendapat tugas untuk hari berikutnya tetapi kamu lupa mengerjakannya.

2 dari 2 halaman

4. Selesaikan Tugas Lebih Awal

Ilustrasi perempuan cantik/copyrightshutterstock/TimeImage Production

Berkaitan dengan nomor sebelumnya, disarankan jika kamu selalu memberikan kelonggaran waktu untuk semua aktivitas agar tidak terjadi keterlambatan. Dengan membiasakan diri untuk datang satu jam sebelum janji temu, kamu menyelamatkan diri dari stres lalu lintas dan kamu mendapatkan cukup waktu untuk mempersiapkan diri. Menyelesaikan pekerjaanmu setidaknya seminggu sebelum tenggat waktu juga akan menyelamatkanmu dari tekanan.

5. Belajar Memperlambat

Jika kamu selalu terburu-buru, kamu cenderung mengharapkan semuanya dalam mode maju lebih cepat juga, dan kamu menjadi tidak sabar dengan orang yang tidak bergerak sesuai dengan kecepatanmu. Untuk gaya hidup yang lebih santai, cobalah berjalan perlahan saat berada di mal atau taman bersama orang tersayang, menikmati bonding time dan keindahan lingkungan sekitar. Juga, jika kamu tidak punya janji untuk hari itu, mengapa tidak meluangkan waktu untuk menyesap kopi sambil membaca koran pagi?

6. Ambil Napas Dalam-dalam

Setiap kali kamu merasa ingin berteriak karena tidak sabar, coba tarik napas dalam-dalam. Ini akan membantumu lebih tenang dan menahan amarah. Kamu juga dapat meninggalkan tempat tersebuy selama beberapa menit untuk menghirup udara segar dan melihat beberapa tanaman hijau.

7. Buat Diri Menjadi Sibuk Sambil Menunggu

Cara lain untuk mengatasi ketidaksabaran adalah dengan mengalihkan perhatian ke hal lain sambil menunggu seseorang/sesuatu. Misalnya, jika kamu sedang menunggu teman kencan dan kamu tahu dia selalu terlambat, bawalah buku atau tonton film di ponsel. Dengan menghibur diri sendiri, kamu tidak akan menyadari berlalunya waktu.

Mungkin mudah untuk diucapkan, namun ketika kamu mempraktekkannya dengan konsisten, kamu akan merasakan hasilnya. 

#WoomenforWomen