5 Manfaat Mentimun bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

Audi Regita diperbarui 02 Apr 2023, 07:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak tahu mentimun? Salah satu sayur yang memilih rasa yang enak dan menyegarkan. Tidak hanya menyegarkan untuk dikonsumsi, ternyata mentimun menyimpan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Mentimun di dalamnya terkandung 96% kadar air, berbagi vitamin, rendah lemak dan juga rendah kalori. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Menghidrasi Tubuh

Tubuh kita membutuhkan asupan air setiap harinya untuk membantu menyalurkan nutrisi dan memperlancar metabolisme dalam tubuh. Tubuh butuh terhindrasi tidak hanya dari air minum, tetapi juga berasal dari kandungan air yang ada dalam sayur dan buah. Mentimun menyimpan kandungan air sebanyak 96% yang dapat membantu tubuh kita tetap terhidrasi.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Di dalam mentimun terkandung elektrolit kalium yang tinggi. Zat ini bertugas untuk mengurangi retensi air yang diinduksi oleh natrium, sehingga tekanan darah dapat turun dan terkendali.

2 dari 2 halaman

3. Melancarkan Pencernaan

Ilustrasi Mentimun Credit: pexels.com/pixabay

Sahabat Fimela mengalami kesulitan BAB? Solusinya dengan mengonsumsi mentimun, karena mentimun mengandung serat yang berfungsi meningkatkan kesehatan usus dan memperlancar BAB.

4. Mencerahkan Wajah

Tidak hanya untuk kesehatan, mentimun juga dapat membantu untuk urusan kecantikan. Mentimun mengandung vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan folat yang berfungsi untuk membantu mencerahkan wajah.

5. Menghilangkan Dark Circle

Sudah tidak asing lagi bahwa mentimun seringkali dijadikan masker mata. Tetapi apa fungsi sebenarnya? Mentimun memiliki kandungan asam askorbat yang dapat membantu mengurangi kadar air di area sekitar mata dan juga membantu menghilangkan kantung mata yang hitam. Caranya cukup dengan mengiris tipis mentimun, lalu dijadikan mentimun tersebut menjadi masker mata dan diamkan selama 10-15 menit.

Demikian manfaat mentimun bagi kesehatan dan juga kecantikan yang dapat diterapkan di rumah, karena mentimun mudah dicari dan harganya sangat terjangkau. 

 

Penulis: Audi Regita Salsabila