Jadi Artis Asia Pertama, Michelle Yeoh Raih Piala Oscar Best Actress

Musa Ade diperbarui 13 Mar 2023, 11:25 WIB

Fimela.com, Jakarta Acara penghargaan paling bergengsi di dunia film, Piala Oscar baru saja digelar pada 13 Maret 2023. Michelle Yeoh jadi artis yang paling disorot pada ajang yang digelar di Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) di Dolby Theatre, Los Angeles itu.

Pasalnya artis kelahiran 6 Agustus 1962 itu berhasil menyabet penghargaan sebagai Aktris Terbik. Seperti diketahui, ini merupakan nominasi dan kemenangan pertama Michelle di Piala Oscar.

"Ladies, jangan biarkan siapa pun berkata padamu bahwa kamu sudah melampaui masa kejayaanmu," ujar Michelle Yeoh dalam pidato kemenangannya.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Artis Asia Pertama

Aktris Malaysia Michelle Yeoh berpose dengan penghargaan untuk Aktris Terbaik - Film Bergerak - Musikal/Komedi untuk "Everything Everywhere All at Once" selama acara Golden Globe ke-80 di hotel The Beverly Hilton di Beverly Hills, California pada 10 Januari 10 2023. Yeoh bersama rekan aktornya dalam Everything Everywhere All at Once, yaitu Ke Huy Quan dan Stephanie Hsu turut dinominasikan Piala Oscar tahun ini sebagai Best Supporting Actor dan Best Supporting Actress. (Frederic J. Brown / AFP)

Penghargaan ini membuat Michelle Yeoh jadi artis pertama Asia yang berhasil mendapat Piala Oscar kategori Aktris Terbaik. Kemenangan ini didapat berkat kerja kerasnya di film Everything Everywhere All at Once.

Michelle Yeoh berhasil mengalahkan Cate Blanchett yang diprediksi akan membawa penghargaan tersebut. Cate mendapat mendapat nominasi di kategori tersebut berkat aktingnya di film Tar.

3 dari 3 halaman

Everything Everywhere All at Once

Michelle Yeoh (tengah) bersama Stephanie Hsu dan Ke Huy Quan saat beradegan di film Everything Everywhere All At Once. Michelle Yeoh yang berperan sebagai Evelyn Wang mendapatkan nominasi Piala Oscar pertamanya untuk kategori Best Actress di film tersebut. (Allyson Riggs/A24 Films via AP)

Kemenangan Michelle ini pun menambah kesuksesannya melalui film Everything Everywhere All at Once. Pada awal 2023, ia sudah mendapat Best Performance by an Actress in a Motion Picture, Musical or Comedy dari Golden Globes Awards 2023.