7 Ciri Kamu Perempuan yang Punya Otak Cerdas dan Mental Dewasa

Febi Anindya Kirana diperbarui 18 Mar 2023, 16:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang lebih menakjubkan selain perempuan yang memiliki mental kuat dan tangguh. Tapi tidak semua perempuan tumbuh menjadi sosok seperti itu ketika dewasa. Seorang perempuan yang kuat dan tangguh selalu memiliki beberapa ciri khusus dalam dirinya. Jika kamu ingin tahu apakah kamu termasuk salah satunya, ceka apakah kamu memiliki sekian hal ini, Sahabat Fimela.

2 dari 8 halaman

1. Produktif

ilustrasi perempuan bekerja/Have a nice day Photo/Shutterstock

Perempuan cerdas dan dewasa akan secara alami mendorong dirinya sendiri menjadi pribadi yang produktif, berdaya, melakukan hal-hal yang penting, melaksanakan tanggung jawab, tugas, kewajiban dan bahkan ingin bisa bermanfaat untuk sekitarnya. Perempuan seprti ini tidak akan kekurangan cara untuk menjadikan hidupnya sibuk setiap harinya. Akan selalu ada hal-hal yang ingin ia kerjakan dan lakukan. Ketika perempuan memiliki passion seperti ini, dia akan tampak cantik alami.

3 dari 8 halaman

2. Percaya diri

iluastrasi perempuan tertawa/Twinsterphoto/Shutterstock

Tidak ada yang lebih menarik selain perempuan yang percaya diri, dan biasanya tingkat kepercayaan diri sosok perempuan berasal dari otaknya yang cerdas dan mentalnya yang dewasa. Semua itu berkaitan. Keyakinan terhadap diri sendiri merupakan kekuatan besar secara mental, karena dengan begitu kamu tidak mudah membandingkan diri, kamu nyaman menjadi diri sendiri dan belajar mencintai apa yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu. Otakmu akan bekerja lebih baik ketika mentalmu sudah menanamkan percaya diri.

4 dari 8 halaman

3. Optimis dan positif

ilustrasi perempuan tersenyum/AnemStyle/Shutterstock

Mampu berpikir optimis dan merasa positif adalah modal besar menjadi pribadi yang dikagumi banyak orang. Itu pertanda kamu bermental kuat dan berotak cerdas. Kamu belajar untuk berpikiran terbuka dan tidak keras kepala. Siapa pun yang optimis dan positif pasti open-minded dan berkepala dingin, karena tidak mungkin seseorang mampu memandang hidup dengan hati penuh penerimaan kecuali ia bisa memahami bahwa hidup memang tidak terduga, sebaiknya tidak kecewa berlebihan ketika tidak sesuai ekspektasi. Dinikmati saja setiap momennya.

5 dari 8 halaman

4. Banyak beraksi daripada bicara

ilustrasi perempuan tertawa/Aruta Images/Shutterstock

Perempuan cerdas tidak akan menggunakan mulutnya terlalu banyak untuk bicara hal yang tak perlu atau omong kosong. Perempuan berotak cerdas dan bermental dewasa akan bicara seperlunya, sesuai fakta, tidak menyudutkan, tidak sombong, tidak mengkritik berlebihan dan hanya memberikan pandangan yang objektif. Ia lebih banyak menunjukkan aksi daripada janji. Bukan seseorang yang banyak omong tapi kinerjanya terlihat jelas dan diakui banyak orang. Saat itulah kamu terbukti cerdas otak dan dewasa secara mental.

6 dari 8 halaman

5. Jujur pada diri sendiri

ilustrasi mendengarkan musik/Dean Drobot/Shutterstock

Tidak ada yang lebih penting bagi perempuan cerdas dan dewasa selain bersikap jujur dan apa adanya, terutama jujur kepada dirinya sendiri lebih dahulu. Ia tidak bersikap pasif-agresif, mengomunikasikan pikiran dan isi hatinya seara jelas dan terbuka serta membuka ruang diskusi agar tak ada kesalahpahaman. Tidak perlu mengubah diri sendiri untuk mengesankan atau memuaskan orang lain. Ke mana pun ia pergi, ia akan bersikap alami dan original.

7 dari 8 halaman

6. Peduli dan penyayang

ilustrasi perempuan dewasa/metamorworks/Shutterstock

Perempuan cerdas dan dewasa akan menggunakan otak dan hatinya secara bersamaan, termasuk menalar bahwa setiap manusia butuh manusia lain, untuk berbagi kepedulian dan rasa sayang. Tidak ada yang suka ditinggalkan, diabaikan, tidak dihargai atau bahkan ditindas. Siapa pun perlu diperlakukan dengan baik dan dengan cinta kasih. Kalau pun tak bisa memberi kebaikan hati, paling tidak jangan mengganggu dan merugikan orang lain.

8 dari 8 halaman

7. Menghadapi rasa takut

ilustrasi perempuan bekerja/insta_photos/Shutterstock

Kamu bukan hanya jadi perempuan cerdas dan dewasa tapi juga kuat dan tangguh ketika bisa menghadapi rasa takut. Akan selalu ada keraguan dan insecurity yang menghambatmu untuk maju, atau keinginan lari dari masalah. Perempuan cerdas dan dewasa menghadapi hal itu dan menyelesaikannya. Hal ini tentu tidak mudah, dibutuhkan keberanian untuk melakukannya. Karena itulah, siapa pun yang sudah berhasil menghadapi rasa takut pasti menjadi sosok yang menakjubkan.

Kalau kamu Sahabat Fimela, sudahkan memiliki semua hal di atas? Jika sudah, pasti kamu perempuan yang punya otak cerdas dan mental dewasa.

#Breaking Boundaries