Tips Makeup untuk Membuat Bulu Mata Panjang dan Lentik, Nggak Perlu Fake Eyelashes

Wuri Anggarini diperbarui 29 Mei 2023, 11:35 WIB

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau bulu mata yang panjang dan lentik menjadi salah satu poin plus yang membuat makeup terlihat cantik. Kesan mata yang lebih besar dan hidup tentu saja menambah pesona dari keseluruhan penampilan. Penggunaan fake eyelashes memang sering jadi pilihan untuk membuat bulu mata terlihat lentik. Namun, jika digunakan pada riasan sehari-hari tentu jadi terlihat 'berat' dan kurang alami.

Namun, nggak perlu khawatir. Tanpa fake eyelashes, kamu juga bisa kok mendapatkan riasan bulu mata yang panjang dan lentik dengan beberapa tips berikut ini. 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

Gunakan Penjepit Bulu Mata yang Berkualitas

(c) Shutterstock

Penjepit bulu mata menjadi salah satu hal penting yang wajib dimiliki kalau ingin mewujudkan riasan bulu mata yang tampak panjang dan lentik. Namun, jangan asal memilih alat yang satu ini. Kualitasnya harus diperhatikan demi menghasilkan bulu mata yang lebih lentik.

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat memilih penjepit bulu mata adalah kualitas karetnya. Jika memiliki karet yang empuk, bulu mata bisa lebih mudah naik tanpa rasa sakit. Berbeda jika penjepit bulu mata hanya dibekali dengan karet tipis, bisa membuat bulu mata mudah rontok.

3 dari 6 halaman

Trik Menjepit Bulu Mata Agar Lentik

(c) Shutterstock

Saat menjepit bulu mata pun ternyata ada beberapa trik yang harus diperhatikan. Pastikan jepit bulu mata terlebih dulu sebelum menggunakan maskara. Hindari menjepit setelah menggunakan maskara karena bisa membuat bulu mata jadi lengket, mudah patah dan rontok.

Nah, arahkan pandangan lurus ke depan, jepit bulu mata dari arah dalam tanpa berkedip, tahan selama beberapa detik. Kemudian jepit bulu mata bergerak dari arah dalam hingga ke arah paling luar. Ulangi selama beberapa kali, trik ini bisa membantu bulu mata terlihat lebih panjang dan lentik secara alami.

4 dari 6 halaman

Aplikasikan Primer Bulu Mata

(c) Shutterstock

Ternyata bukan hanya kulit wajah saja yang butuh primer. Jika ingin bulu mata terlihat panjang dan lentik yang tahan lama secara maksimal, aplikasikan primer juga sebelum menggunakan maskara.

Urutannya adalah setelah menjepit bulu mata, pulaskan primer khusus bulu mata dengan gerakan seperti menggunakan maskara. Produk yang satu ini bekerja untuk membuat bulu mata terlihat lebih lentik dan nggak mudah rapuh.

5 dari 6 halaman

Pilih Maskara dengan Formula yang Tepat

(c) Shutterstock

Untuk menghasilkan riasan bulu mata yang terlihat lentik, lebih panjang dan tebal, tentu saja pemilihan maskara jadi hal utama yang bisa mempengaruhi. Saat ini ada beragam produk maskara dengan formula yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya yang memiliki formula untuk membuat bulu mata tampak lebih tebal, warna yang intense, dan waterproof agar tahan lama dipakai seharian.

Setelah menggunakan eyelash primer, aplikasikan maskara dari bagian bawah menuju bagian atas. Gunakan tipis-tipis secara merata. Meskipun ingin membuat bulu mata lebih panjang dan lentik, tapi hindari penggunaan yang terlalu banyak karena bisa membuat maskara terlihat menggumpal yang tentu saja mengganggu hasil riasan.

6 dari 6 halaman

Gunakan Bedak Tabur

(c) Shutterstock

Kamu juga bisa memanfaatkan beauty hacks yang satu ini. Sebelum maskara yang digunakan kering, aplikasikan Salah satu beauty hacks yang bisa dicoba untuk membuat bulu mata tampak lentik maksimal adalah penggunaan bedak tabur dengan hati-hati menggunakan cotton buds. Setelah itu, timpa lagi dengan maskara.

Cara yang satu ini bertujuan untuk membuat bulu mata lebih lentik, tebal, dan bervolume. Namun, memang cukup tricky karena kalau salah atau timingnya kurang tepat, malah membuat maskara akan terlihat menumpuk dan menggumpal.

Gimana, siap mencoba tips makeup di atas untuk membuat bulu mata lebih lentik, Sahabat Fimela?