10 Artis Korea Sukses dan Berhasil Dirikan Agensi Sendiri dengan Berbagai Latar dan Kisahnya

Lanny Kusuma diperbarui 18 Sep 2023, 12:24 WIB

Fimela.com, Jakarta Agensi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari karier setiap artis Korea. Ya, biasanya seorang artis menjalani aktivitasnya di bawah naungan sebuah agensi yang bertanggung jawab pada manajemen kegiatan, aktivitas, hingga masalah reputasi.

Seiring berjalannya waktu dan kesuksesan yang diraih, tak sedikit artis Korea mendirikan agensinya sendiri, untuk mendukung aktivitas karier dirinya mau pun rekan lain. Menariknya, ada juga artis yang mendirikan agensi sendiri usai melalui perselisihan panjang.

Berikut ini adalah deretan para artis Korea yang berhasil mendirikan agensinya sendiri.

 

What's On Fimela
2 dari 11 halaman

Kang Daniel

Kang Daniel berpose saat red carpet 2022 The Fact Music Awards di KSPO Dome, Seoul (8/10/2022). (AFP/Jung Yeon-je)

Pada Juni 2019 Kang Daniel mendirikan agensinya sendiri dengan nama Konnect Entertainment, usai keluar dari LM Entertainment dan mengakhiri kegiatannya bersama WANNA ONE.

Selain Kang Daniel, Konnect Entetrainment juga mengelola manajemen artis Chancellor dan Yuju, serta mengelola promosi CL untuk proyek ALPHA di Korea Selatan pada Agustus 2021.

3 dari 11 halaman

Kim Jaejoong

Kim Jaejoong [instagram/jj_1986_jj]

Aktor dan musisi Kim Jaejoong mendirikan agensinya pada 4 Mei 2023 dengan nama iNKODE, di mana ia bekerjasama dengan sutradara Noh Hyun Tae yang sebelumnya bekerja di Cube Entertainment.

Mengutip laman AllKpop, di sini Jaejoong menempati posisi Chief Strategy Officer yang juga berperan dalam menemukan dan menghasilkan bakat baru.

 
4 dari 11 halaman

PSY

Penampilan PSY di konser Seoul Festa 2022 di Kompleks Olahraga Jamsil, Seoul, Korea Selatan, 10 Agustus 2022. (Jung Yeon-je/AFP)

PSY mendirikan agensinya dengan nama PNation di tahun 2018 saat dirinya mengakhiri kontrak dengan YG Entertainment. Selain mengurus kepentingan promosi dan kegiatan PSY, PNation juga menaungi artis populer lain seperti Jessi, HyunA, DAWN, Crush, Heize, D.Ark, Penomeco, Hwasa, juga boy group baru TNX.

5 dari 11 halaman

Lee Byung Hun

Lee Byung Hun. (Instagram/ byunghun0712)

Aktor 53 tahun ini mendirikan agensinya sendiri, BH Entertainment di tahun 2006, yang mana ia bangun dengan tujuan untuk membina dan mengelola aktor muda dan senior.

Para artis yang berada di bawah naungan BH Entertainment adalah Park Hae Soo, Kim Go Eun, Park Bo Young, Jinyoung GOT7, Go Soo, Lee Jin Wook, dan Han Hyo Joo.

6 dari 11 halaman

So Ji Sub

So Ji Sub (Foto: Disney+ Hotstar)

Bintang serial Doctor Lawyer ini mendirikan agensinya sendiri dengan nama 51K Entertainment di tahun 2011. Awalnya agensi ini didirikan hanya untuk mengelola aktivitas satu orang, namun seiring berjalannya waktu kini 51K menjadi rumah untuk So Ji Sub, Ok Taecyeon, Lee Seung Woo dan Cha Hak Yeon.

7 dari 11 halaman

Hyun Bin

Hyun Bin. (Foto: Vast Entertainment via Instagram/ vast.ent)

Suami Son Ye Jin ini mendirikan agensinya sendiri yaitu VAST Entertainment di tahun 2016, dan menaungi artis seperti Kim Yun Jee, Shin Do Hyun, dan Lee Jae Wook. Mengutip laman Soompi, selain bertanggung hawab atas agensi, Hyun Bin juga fokus mencari calon trainee.

8 dari 11 halaman

Lee Jong Suk

Lee Jong Suk (Foto: Applewood)

Lee Jong Suk mendirikan A-MAN Project bersama YNK Entertainment di tahun 2018, pasca dirinya memutus kontrak dengan YG Entertainment. Kini seluruh kegiatan domestik Lee Jong Suk pun diatur oleh A-MAN Project.

9 dari 11 halaman

Cha Tae Hyun

Cha Tae Hyun dalam Police University. (Instagram/ kbsdrama)

Di taun 2012 Cha Tae Hyun bersama managernya mendirikan agensi Blossom Entertainment. Eksis hingga saat ini, Blossom Entertainment juga menaungi artis populer Korea seperti Song Joong Ki, Park Bo Gum, Lim Ju Hwan, dan Go Chan Suk.

10 dari 11 halaman

Donghae dan Eunhyuk Super Junior

Donghae dan Eunhyuk Super Junior [foto: instagram.com/superjunior]

Dua member Super Junior ini mendirikan agensi mereka sendiri pada 1 September 2023 dengan nama ODE Entertainment, usai kontrak keduanya dengan SM Entertainment berakhir di 31 Agustus lalu.

Seluruh aktivitas Donghae dan Eunhyuk pun akan dikelola oleh ODE Entertainment, meski begitu mereka akan tetap menjalin hubungan dengan SM Entertainment dan mengikuti setiap kegiatan Super Junior.

11 dari 11 halaman

Bae Yong Joon

Bae Yong Joon (via dkpopnews.net)

Aktor senior Bae Yong Joon adalah sosok dibalik berdirinya agensi populer KeyEast Entertainment yang didirikan tahun 1996.

Kemudian di tahun 2018 KeyEast Entertainment diakuisisi SM Entertainment dan menjadi rumah untuk artis populer seperti Ji Soo, Moon Ga Young, Kim Dong Wook, Woo Do Hwan, juga Hwang In Yeop.