Sukses

Beauty

Eksfoliasi Do’s & Don’ts

Melanjutkan perbincangan kita tentang eksfoliasi, by definition eksfoliasi artinya pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah dan telah dipercaya selama bertahun-tahun untuk membantu menjaga kebersihan wajah. Proses ini bisa dilakukan melalui treatment seperti facial, microdermabrasion atau chemical peels.

Ada statement yang berkata bahwa proses eksfoliasi sebaikknya hanya dilakukan seminggu sekali karena bahan dasar semisal scrub yang kasar akan membuat kulit tipis jika terlalu sering digunakan. Ada juga yang mengatakan bahwa jika kita melakukan sesering mungkin justru akan memacu tumbuhnya sel kulit wajah baru sehingga kulit senantiasa terliat “kinclong”. Untuk mengetahui jawaban yang benar mari kita simak pertanyaan dari Rani di Cibinong yang akan langsung dijawab oleh Shirley Gan, Clinique Education Manager. 

Dear Fimela,

Info dari Fimela, katanya: “Eksfoliasi 2x sehari membantu tampilan wajah kusam jadi lebih segar, bersih, halus, dan tone wajah lebih rata" Dr David Orentreich. Apakah eksfoliasi dua kali sehari tidak terlalu cepat? Bukankah kulit juga butuh waktu untuk 'mematangkan' sel-selnya? Berapa lama sebenarnya sel-sel kulit tumbuh, hingga akhirnya mati (menjadi kulit kusam) dan harus dieksfoliasi? Untuk eksfoliasi, mana yang lebih baik, scrub dengan bahan alam (tanpa sabun), atau dengan sabun wajah yang mengandung butiran scrub?

Terimakasih infonya.

Regards,

Rani

Dear Rani,

Proses sel kulit melakukan eksfoliasi secara alami (atau dinamakan desquamation) adalah 28-30 hari pada wanita/pria usia muda. Tetapi seiringnya pertambahan usia, proses tersebut melambat, sehingga membutuhkan waktu lebih lama. Oleh karena itu, untuk mencegah penumpukan sel kulit mati, maka perlu dibantu dengan eksfoliasi tambahan. Eksfoliasi 2 x sehari yang dianjurkan oleh Dr. David Orentreich disini adalah eksfoliasi yang lembut dengan menggunakan produk Clarifying Lotion Twice a Day Exfoliator, yang mengandung bahan Salicylic acid, Acetyl glucosamine, Sodium Hyaluronate, Glycerin, Trehalose yang melembapkan kulit. Produk ini diformulasikan untuk kulit Asia. 2x sehari ini tidak terlalu cepat karena sel kulit mati bukan hanya satu lapis tetapi berlapis-lapis, sehingga perlu dilakukan eksfoliasi rutin. Untuk eksfoliasi yang berupa scrub, di Clinique kami biasanya membersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun (facial soap), baru kemudian menggunakan 7 Day Scrub/Exfoliating scrub yang mengandung butir-butiran yang halus.

Best Regards,

Shirley

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading