Sukses

Beauty

Extension Bulu Mata Mudah Rontok dan Kena Bakteri Jika Tidak Dirawat dengan Benar

Jakarta Pengaruh eyelash extension untuk penampilan tentu tidak diragukan lagi. Bulu mata panjang dan lentik, tanpa perlu aplikasi tambahan maskara dan eyeliner makeup mata sudah on point. Eyelash extension pun dapat mempercepat ritual makeup harian kita. Ada lagi, mata panda pun bisa tersamarkan dengan pemakaian eyelash extension (karena tiap mata akan tertuju pada bulu mata kita yang ekstra). Ini lah alasan mengapa eyelash extension hingga 2018 masih banyak peminatnya.

Harga untuk sekali pemasangan eyelash extension umumnya beragam. Kisaran harga dari ratusan hingga jutaan rupiah ada! Apa yang membedakan? Pertama, kualitas bulu mata. Kedua, kualitas lem perekat bulu mata. Dua poin itu pun tentunya menentukan lama waktu pemakaian eyelash extension yang kita gunakan.

 

BACA JUGA:

Serum dan Pelembab Terbaru untuk Perempuan Usia 30an

 

Namun, kembali lagi pada diri kita. Sebaik apapun kualitas bulu  mata yang kita gunakan, jika tidak dibarengi dengan perawatan yang benar, bulu mata tidak akan bertahan lebih dari 2 minggu. Ironisnya lagi, pemakaian eyelash extension pun dapat menyebabkan kerontokan pada bulu mata alami.

Well, sebelum efek mengerikan dari pemakaian eyelash extension itu terjadi pada kita, dari pengalaman tim beauty FIMELA yang pernah mencoba eyelash extension, berikut tips merawat eyelash extension yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.  Tips ini tidak hanya menjaga kualitas bulu mata agar tidak mudah rontok, namun juga melindungi kulit area mata dari bakteri yang mundah menempel di  bulu mata.

 

BACA JUGA: 

Ingin Kulit Awet Muda, Jangan Pernah Lupa Merawatnya di Malam Hari

 

Hindari terlalu sering “mengucek” bulu mata

Efek gatal seringkali muncul di area kulit mata saat pertama kali menggunakan eyelash extension. Nah, untuk meminimalisir rasa gatal di area mata, lebih baik tepuk-tepuk lembut area gatal di kulit atau gunakan kapas lembut yang telah direndam dengan air dingin.

Kebiasan mengucek mata ini tidak hanya mempercepat kerusakan pada bulu mata, tapi juga dapat memicu menempelnya bakteri di area bulu mata. Saat hendak menyentuh bulu mata, pastikan juga tangan kita sudah dalam keadaan bersih.

Bersihkan makeup area mata dengan micellar water

Cleanser oil-based tidak dianjurkan untuk membersihkan makeup mata untuk kita yang menggunakan eyelash extension. Sebaiknya gunakan micellar water. Karena teksturnya seperti air, jadi akan lebih aman untuk menjaga kualitas bulu mata dan lem perekatnya.

Makeup waterproof is a big NO!

FIMELA sering menjumpai pengguna eyelash extension yang masih menambahkan aplikasi maskara untuk membuat bulu mata terlihat lebih lentik. Jika kita bertanya pada eyelash expert, sebenarnya itu tidak diperlukan lagi. Namun, jika tetap ingin melakukannya, sebaiknya gunakan maskara yang tidak waterproof.

Pertama, sulit dibersihkan sehingga diperlukan bantuan cleanser dengan formula oil-based. Kedua, maskara waterproof akan mempercepat kerontokan bulu mata. Tips lainnya, gunakan maskara no waterproof hanya di ujung bulu mata saja.

Eyelash extension pun perlu disisir

Sama seperti rambut, bulu mata pun perlu disisir. Eyelash extension yang super tebal dan panjang umumnya memiliki jarak bulu mata dari satu dan lainnya yang lebih rapat dan padat. Jenis bulu mata ini akan lebih mudah kusut. Untuk mengembalikan bentuknya seperti semula, gunakan sisir khusus bulu mata yang dikenal sebagai lash separator.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading