Sukses

Beauty

Lima Langkah Perawatan Kulit Berjerawat agar Tidak Berbekas

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya jerawat, bekas jerawat juga memerlukan perhatian yang khusus.

 

Menyebalkan, itu kata yang sering diucapkan oleh perempuan yang sedang mengalami masalah kulit berjerawat. Kekesalan terjadi, tidak hanya saat jerawat muncul, setelah jerawat pergi pun, tetap membuat diri merasa kesal. Jerawat menghilang, namun meninggalkan bekas. Seakan masalah kulit tidak pernah tuntas. Well, apa penyebab bekas jerawat muncul di kulit wajah? 

Bekas jerawat disebut juga sebagai peradangan paska hiperpigmentasi. Penyebab hiperpigmentasi adalah karena produksi melanin berlebih, sehingga membuat kulit di titik jerawat muncul menjadi gelap atau berwarna hitam. Biasanya kasus seperti ini terjadi pada jerawat yang meradang; bisa karena dipencet, sehingga jerawat mengeluarkan darah. Ini lah salah satu alasan, mengapa memencet jerawat itu "dilarang". 

Berpikir mencari solusi? pasti! Untuk menghindari jerawat meninggalkan, kita bisa melakukan perawatan dan perlindungan wajah di bawah ini. Ingat, semua harus dilakukan dengan disiplin ya. 

>> Selalu jaga kebersihan kulit wajah

Menjaga kebersihan tidak hanya sekedar rutin membersihkan wajah dengan cleanser pagi dan malam hari atau menggunakan metode double cleanser saja. Kebersihan kulit wajah pun penting dilakukan dengan; tidak menyentuh kulit wajah dengan tangan yang tidak bersih. Hindari kebiasaan "tanpa sadar" menyentuh kulit wajah apalagi jerawat, apalagi hanya sekedar "meraba-raba" karena penasaran dengan kondisi jerawat. Bakteri yang hinggap di tangan, dapat memicu jerawat menjadi iritasi. 

>> Stop gunakan eksfoliator. 

Eksfoliator dapat digunakan kembali setelah kulit wajah stabil. Artinya, jerawat sudah benar-benar bersih dari kulit wajah. Untuk menghilangkan noda bekas jerawat, eksfoliator akan sangat membantu. Catatan untuk eksfoliator jenis "scrub wajah", aplikasikan scrub dengan pijatan lembut. Jangan terlalu kuat menekan kulit wajah dengan scrub, karena dapat membuat kulit menjadi kering, iritasi, dan memicu jerawat muncul kembali. 

>> Lebih baik hindari makeup sementara

Menutup jerawat dengan makeup,--ini kesalahan yang sering kita lakukan. Fyi, menyembunyikan jerawat dengan makeup seperti primer, concealer, atau foundation justru akan memperburuk keadaan jerawat. Jika ingin jerawat hilang tanpa bekas, hindari makeup apapun selama kulit masih berjerawat.

>> Sunscreen tetap penting!

Ketika kulit berjerawat, banyak perempuan memilih untuk menghindari sunscreen. Alasannya, sunscreen membuat kulit berminyak dan tidak nyaman. Padahal, menggunakan sunscreen selama kulit berjerawat itu penting. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari peradangan paska hiperpigmentasi yang disebabkan oleh polusi, debu, dan paparan negatif sinar UV.  

>> Penting: rawat kulit wajah setiap saat, tidak hanya saat berjerawat

Kesalahan yang sering dilakukan lainnya adalah, kita hanya fokus merawat kulit berjerawat, saat jerawat terlihat di kulit saja. Ketika jerawat hilang, perawatan dihentikan. Ini sebuah kesalahan,--yang sebenarnya harus kita lakukan adalah membuat kulit tetap bersih, melakukan perawatan sebelum, selama dan setelah berjerawat. Cara ini yang dapat membuat kulit selalu bersih dan terhindar dari bekas jerawat bahkan sebelum mereka muncul.

Artikel Selanjutnya
Perawatan Wajah Malam Hari untuk Hilangkan Noda Bekas Jerawat
Artikel Selanjutnya
Investasi Cantik: Glycolic Acid untuk Kulit Berjerawat dan Anti-Aging