Sukses

Beauty

Latihan Pernapasan Banyak Manfaatnya Lho, Coba Yuk!

Ladies, tahukah Anda ternyata rata-rata orang bernafas sekitar 23.040 kali per hari, namun kebanyakan melakukannya secara tidak efisien. Seperti mengambil napas pendek atau melakukan pernapasan dada dangkal. Meskipun manusia terlahir dengan pernapasan perut, ketika menginjak usia remaja, stres menyebabkan respon alami yang membatasi pernapasan manusia. Namun secara fisiologis, Anda masih bisa melatih diri Anda sendiri untuk bernapas lebih mudah dan menuai banyak manfaat dari latihan pernapasan seperti dilansir dari situs oprah.com.

Jadi mengantuk lebih cepat

Jika Anda ingin tertidur nyenyak, menurut Andrew Weil, MD, direktur pusat Integrative Medicine di University of Arizona menyarankan untuk melakukan latihan pernapasan yang disebut 4-7-8. Seperti apa sih latihan ini? Posisikan ujung lidah tepat di belakang gigi atas. Buang napas sepenuhnya dari mulut, tutup mulut dan tarik napas pelan melalui hidung selama empat hitungan. Setelah itu tahan napas dalam 7 hitungan dan pada hitungan ke-8 hembuskan napas dari mulut. Ulangi siklus di atas selama 5 menit kemudian perlahan Anda akan tertidur.

Meringankan gejala asma

Sebuah penelitian menemukan bahwa latihan pernapasan yoga secara signifikan meningkatkan fungsi paru-paru pada pasien asma bila dikombinasikan dengan obat-obatan secara teratur. Bagaimana sih caranya meringankan asma dengan latihan pernapasan? Mulailah dengan menghirup udara sedalam-dalamnya melalui hidung, hembuskan dalam napas pendek. Lakukan hal ini selama 10 detik. Latihan ini dapat menyebabkan meningkatnya denyut jantung, jika Anda memiliki darah tinggi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Mengatasi mual

Ternyata latihan pernapasan yang dilakukan dengan benar juga memberikan manfaat untuk mengatasi mual. Caranya, bayangkan berjalanlah tanpa alas kaki menuruni tangga. Tarik napas perlahan melalui hidung selama empat hitungan sambil fokus pada bagaimana rasanya Anda menginjak lantai tangga. Lalu buang napas selama 8-10 hitungan dengan mulut mengerucut. Ulangi hingga Anda tidak merasakan mual lagi.

Semoga bermanfaat Ladies.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading