Sukses

Beauty

Panduan Melakukan Perawatan Sesuai dengan Jenis Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Rutinitas perawatan yang tepat memang sangat penting untuk kesehatan kulit wajah yang optimal. Namun, perawatan satu orang tidak bisa disamakan dengan perawatan yang dilakukan oleh orang lain, karena jenis kulit wajah yang berbeda-beda.

Dilansir dari sheknows.com, Jumat (8/2/2019), berikut ini adalah panduan melakukan perawatan sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Penasaran?

1. Kulit berminyak

Pori-pori yang besar dan minyak di wajah, tidak peduli apapun cuacanya adalah tanda-tanda dari kulit berminyak. Hal ini biasanya terjadi ketika kelenjar sebaceous terlalu aktif, menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak.

Untuk produk pembersih, sebaiknya pilihlah yang cocok untuk menghilangkan minyak dan kotoran di pori-pori. Mencuci muka dengan madu dapat membantu mengurangi minyak dan bakteri, tanpa menghilangkan kelembapan kulit wajah.

Sedangkan untuk produk pelembap, pastikan untuk memilih produk yang ringan agar tidak menyumbat pori-pori. Atau gunakan minyak wajah, seperti minyak tamanu atau minyak biji anggur.a

2. Kulit normal atau kombinasi

Ini adalah jenis kulit wajah yang paling umum, sebagian berminyak dan sebagian lagi kering. Tantangan yang dihadapi pemilik kulit kombinasi adalah beberapa bagian mungkin terasa kering, sedangkan beberapa bagian wajah lainnya terasa berminyak, mengandung komedo, bahkan jerawat.

Produk pembersih busa adalah solusi terbaik bagi pemilik kulit wajah kombinasi. Produk ini efektif merawat kulit berminyak tanpa mengeringkan bagian wajah lainnya.

Sedangkan produk pelembap sebaiknya gunakan dua produk berbeda, jika tidak menemukan satu produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu. Di pagi hari, gunakan pelembap dan tabir surya, sedangkan di malam hari gunakan produk yang lebih melembapkan untuk kulit wajah, seperti jojoba atau minyak bunga matahari.

 

2 dari 2 halaman

Kulit kering dan kulit sensitif

3. Kulit kering

Jika kulit wajah terasa kencang setelah dibersihkan dan kamu menemukan garis-garis halus, kemungkinan besar, kulitmu kering. Gunakan produk pembersih krim yang tidak akan menghilangkan minyak alami dan membuat kulit terasa kencang.

Produk pembersih yogurt memiliki tekstur yang lembut untuk kulitmu, sekaligus efektif untuk melakukan pengelupasan. Sedangkan untuk produk pelembap terbaik, serum sangat baik untuk memerangi garis-garis halus yang sering muncul pada kulit kering.

4. Kulit sensitif

Tanda-tanda dari kulit sensitif adalah kemerahan atau iritasi ketika terkena bahan tertentu atau sedang dalam cuaca tertentu. Satu-satunya panduan memilih produk untuk kulit sensitif adalah dengan memperhatikan kandungan produk yang digunakan dan reaksi yang diberikan oleh kulit wajah.

Pengelupasan

Semua jenis kulit wajah membutuhkan pengelupasan secara rutin. Lakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Tabir surya

Tidak hanya pengelupasan, semua jenis kulit wajah juga membutuhkan perlindungan dari paparan sinar matahari. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, gunakan produk tabir surya yang lebih ringan.

Semakin tinggi kandungan SPF dalam produk tabir surya biasanya membuat tekstur produk tersbeut semkain berat dan cenderung menyumbat pori-pori. Apa jenis kulit wajahmu?

Artikel Selanjutnya
Makanan yang Jadikan Kulit Lebih Terhidrasi
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Perawatan untuk Kulit Wajah yang Menua