Sukses

Beauty

Waspada, Ini Akibat Membersihkan Kulit Wajah Secara Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit wajah yang super bersih tanpa noda. Kulit wajah yang bersih tentunya akan jauh dari jerawat dan komedo yang mengganggu penampilan. Untuk itu, banyak perempuan yang akhirnya mencuci wajahnya secara berlebihan. 

Mulai dari menggunakan sabun wajah yang cukup keras dengan bahan-bahan tidak alami yang dapat merusak kulit dalam waktu yang lama, hingga mencuci wajah terlalu sering. Keduanya justru akan menimbulkan efek samping yang buruk untuk kulit wajah. 

Dilansir dari Cosmopilitan, jika timbul suara berderit pada kulitmu saat digosok menggunakan jari usai mencuci wajah, berarti sabun yang digunakan cukup keras. Ini merupakan tanda yang paling kentara dan mudah untuk mengetahui apakah Sahabat Fimela mencuci muka secara berlebihan. 

Kepada Elle, dermatologist di Amerika Serikat, Sejal Shah, menjelaskan bagaimana risiko ketika kulit wajah terlalu bersih. Menurutnya, kulit wajah justru akan terkikis jika membersihkan terlalu berlebihan. 

"Risiko terbesarnya adalah, kulit akan terkikis, sehingga minyak natural kulit akan semakin hilang. Ketika hal ini terjadi, lapisan yang membatasi kulit juga akan rusak," katanya. 

Sehingga, kulit wajah akan menjadi kering, gatal, dan bahkan berkerak atau bersisik. Untuk itu, perlu ada solusi khusus jika Sahabat Fimela mengalami hal yang serupa. 

Pilih Sabun Cuci Muka yang Tepat

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Sahabat Fimela mengganti sabun cuci muka yang mampu menghidrasi kulit. Apa lagi kalau kamu tipe perempuan yang sering cuci muka, bahkan sehari bisa berkali-kali. 

Masih bingung apa saja yang dapat menghidrasi kulit? Pilihlah sabun cuci muka yang mengandung glycerin, atau juga shea butter, grape seed, dan water essence. Semoga kulit wajah tidak akan menjadi sangat kering lagi, ya! 

Loading