Sukses

Beauty

6 Efek Samping dari Penggunaan Gel Rambut Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Gel rambut bukan hanya digunakan oleh para laki-laki. Perempuan juga sering mengenakan gel rambut untuk merapikan baby hair atau memberi kesan wet hair.

Lagi-lagi, gel rambut sangat bermanfaat untuk tampil cantik dan menarik. Namun pernahkah terpikir soal efek samping yang ditimbulkan dengan mengenakan gel rambut? Melansir dari Boldsky, rambutmu bisa terkena enam efek samping berikut ini.

1. Rambut rontok

Penggunaan gel rambut yang berlebihan bisa membuat akar rambut melemah. Sehingga menyebabkan rambut rontok dan menghambat pertumbuhan rambut. Gel rambut bisa mengeringkan kulit kepala dan membuat rambut menjadi kasar.

2. Perubahan warna rambut

Ternyata gel rambut bisa mempengaruhi warna rambut. Gel rambut akan mengganggu keseimbangan pH kulit kepala dan bahan kimia di dalamnya bisa membuat warna rambut alami memudar.

3. Rambut kering

Gel rambut kebanyakan mengandung alkohol dan bahan kimia keras lainnya. Sehingga menghilangkan kelembapan rambut yang membuat rambut kering dan dehidrasi. Selain itu, gel rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan bersisik.

 

Efek samping dari penggunaan gel rambut

4. Ketombe

Kulit kepala yang terdehidrasi dapat menyebabkan banyak masalah rambut. Penggunaan gel rambut yang berlebihan bisa membuat kulit kepala kering dan bersisik sehingga menyebabkan ketombe. Selain itu, gel rambut membuat kulit kepala rentan terhadap kerusakan dan serangan bakteri.

5. Rambut bercabang

Rambut kering, rusak, kasar, dan rapih sering menyebabkan ujung rambut yang bercabang. Gel rambut cenderung menghalangi nutrisi ke kulit kepala, menghilangkan kelembapan di kulit kepala, dan membuatnya rentan.

6. Mengubah tekstur rambut

Menggunakan gel rambut dapat mengurangi produksi sebum di kulit kepala dan nantinya membuat rambut berkeriting. Sehingga tekstur rambut mengalami perubahan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Cara Menjaga Rambut Sehat dan Berkilau ala Bintang Korea
Artikel Selanjutnya
Kandungan Bahan Alami yang Baik untuk Merawat Rambut dan Kulit Kepala