Sukses

Beauty

Tips Jaga Kesehatan Rambut Buat yang Hobi Renang

Fimela.com, Jakarta Di balik manfaat kesehatan dari olahraga renang, ada beberapa efek negatif yang patut kamu waspadai. Selain ke kulit, efek negatif tersebut juga akan melanda rambut.

Bagi kamu yang terbilang cukup sering atau malah hobi renang, berhati-hatilah dengan efek dari kaporit. Kaporit mengandung klorin yang dapat menimbulkan kerusakan signifikan di rambut.

Klorin dalam kaporit bertugas untuk menjaga air kolam renang dari kotoran, minyak, dan bakteri. Efek yang sama akan terjadi pada rambut, itulah sebabnya mengapa setelah renang rambut jadi lebih kering dan kaku. Semakin sering kamu renang, semakin besar juga peluang kerusakannya.

Kendati demikian, kamu tak perlu menghindari olahraga tersebut, kok. Jaga saja rambut kamu dari bahaya klorin dalam kaporit dengan melakukan tips yang dilansir dari liveabout.com berikut ini, yuk!

Jaga Rambut dari Kerusakan Akibat Kaporit Kolam Renang

1. Basahi sebelum terjun ke air

Jangan langsung masuk ke kolam renang saat tubuh dan rambut masih kering. Basahi terlebih dahulu agar air kolam renang yang berkaporit tidak terserap terlalu banyak ke dalam rambutmu.

2. Pakai swim cap

Bagi kamu yang hobi renang, benda satu ini wajib dipunya! Head cap khusus untuk renang ini akan berdampak signifikan, ia benar-benar akan menjaga rambut dari paparan kaporit selama renang!

3. Bilas

Usai renang, segera bilas sampai benar-benar bersih. Ini adalah tahap awal untuk membersihkan zat kaporit dari rambut. Jangan cuma sekali, berkali-kali kalau perlu!

Bersihkan dan Kembalikan Nutrisinya

4. Keramas

Jangan tunda keramas setelah renang. Setelah bilas sampai bersih, lanjurkan dengan keramas untuk membersihkan rambut dengan optimal. Kamu bisa lakukan double cleansing alias keramas dua kali setelah renang.

5. Conditioner

Jangan lupakan yang satu ini agar protein rambutmu tetap seimbang dan kelembapannya terjaga. Dianjurkan untuk pakai conditioner yang nonbilas agar ia dapat terserap di rambut lebih lama.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sudah Cukupkah Kandungan Protein Rambutmu?
Artikel Selanjutnya
Berhenti Melakukan 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Anak Rambut