Sukses

Beauty

Obat Awet Muda, Tips Gunakan Daun Pegagan yang Aman untuk Wajah

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini, daun pegagan menjadi salah satu bahan dalam skincare yang paling banyak dibincangkan. Selain baik untuk mengencangkan kulit, daun ini juga berkhasiat sebagai obat awet muda yang alami. 

Dilansir dari Dokter Sehat, daun pegagan merupakan jenis tumbuhan yang termasuk dalam famili Mackinlayaceae. Memiliki nama latin Centella asiatica, daun ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Namun, ternyata juga banyak ditemukan di Indonesia, lho! 

Daun pegagan ini mengandung sejumlah zat bioaktif yang bersifat sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri, dan antiulcer. Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, daun ini juga banyak digunakan untuk kecantikan. 

Banyak orang yang menggunakan daun ini sebagai masker. Artinya, mereka menumbuk atau menghaluskan daun ini dan langsung mengaplikasikannya pada wajah yang sudah dibersihkan. 

Bagi sebagian orang, cara ini mungkin bisa membuat kulitnya menjadi lebih kencang. Kerut dan noda hitam pun perlahan mulai memudar. Tapi sayang, bagi pemilik kulit sensitif cara ini justru memperburuk keadaan kulit. Pasalnya, tulis Style Craze, daun pegagan ini terlalu keras untuk kulit sensitif. 

Konsumsi Oral

Cara lebih aman menggunakan daun pegagan untuk kecantikan kulit wajah adalah dengan menggunakan skincare mengandung ekstrak daun tersebut. Namun, ada cara lain untuk mengolah dan ini menjadi obat awet muda. 

Salah satunya dengan cara mengonsumsinya secara oral. Sahabat Fimela bisa memakan daun tersebut dengan cara dilalap, atau dimasak bersama bahan masakan lainnya. 

Jika mau, kamu juga bisa menghaluskannya bersama buah dan sayuran lain seperti seledri. Kemudian meminumnya langsung tanpa tunggu hingga jus teroksidasi oleh udara. 

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Awet Muda
Artikel Selanjutnya
3 Rahasia Wajah Salma Hayek yang Bebas Kerut di Usia 52 Tahun