Sukses

Beauty

Bahaya, Ini 4 Efek Samping Pemakaian Krim Pemutih Wajah yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Hari ini banyak perempuan yang memiliki pemahaman keliru soal definisi cantik. Entah berkiblat dari mana namun, cantik pasti didefinisikan dengan perempuan berkulit putih, langsing, dan tinggi. Padahal, masih ada banyak indikator lainnya yang lebih bermutu dibandingkan hanya berpaku pada kesempurnaan fisik semata.

Pemahaman yang keliru tersebut akhirnya membuat banyak perempuan terobsesi dengan kulit wajah yang putih. Segala cara dilakukan asal kulit wajah bisa berubah putih dengan cepat. Salah satu cara memutihkan kulit wajah dengan cepat yang sering digunakan oleh perempuan ialah memakai krim pemutih wajah.

Tidak peduli aman atau tidak, asal percaya dengan iklan bahwa krim tersebut dapat memutihkan wajah maka hal tersebut akan menjadi magnet bagi setiap perempuan untuk membelinya. Seharusnya pemakaian perawatan wajah diperlukan agar kulit wajah terawat dan bersih, bukan putih karena sebenarnya setiap warna kulit itu cantik asal dirawat dengan benar.

Sayangnya, kini banyak krim pemutih wajah yang sebenarnya tidak aman dan tidak bersertifikat berkeliaran dipasaran. Hal ini pasti sangat meresahkan karena seseorang bisa saja tertipu dan membelinya. Krim pemutih tersebut sangat berbahaya dan memiliki efek samping. Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan membahas 4 efek samping pemakaian krim pemutih wajah yang perlu kamu tahu.

Munculnya Jerawat, Komedo, dan Flek Hitam

Efek samping pemakaian krim pemutih wajah yang pertama ialah dapat memunculkan jerawat, komedo, dan flek hitam. Tentunya ini berkebalikan dari ekspektasi awal yang kamu inginkan. Kamu pasti menginginkan hasilnya kulit wajah dapat putih berseri namun justru kulit wajahmu menjadi rusak.

Biasanya itu karena krim pemutih wajah yang kamu pakai merupakan krim palsu atau krim tersebut mengandung bahan=bahan berbahaya yang tidak disebutkan oleh penjualnya. Akhirnya kulit wajah mengalami breakout, yakni reaksi penolakan metabolisme kulit karena ketidakcocokan kandungan produk dengan bahan dalam formula pemutih. Kemudian, efek lanjutan dari breakout tersebut adalah munculnya jerawat, komedo, flek hitam.

Jika sudah begitu, sebaiknya pemakaian krim pemutih kamu hentikan saja daripada muncul permasalahan kulit yang lebih parah. Sudah banyak korban yang membuktikan sendiri efek samping dari pemakaian krim pemutih palsu. Sebaiknya kamu belajar dari pengalaman mereka daripada menyesal nantinya.

Kulit Memerah

Selanjutnya, efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian krim pemutih wajah ialah kulit wajah bisa memerah saat terpapar sinar matahari. Kamu pasti pernah melihat seseorang disaat panas terik lalu wajahnya memerah, kemungkinan itu karena dia memakai krim pemutih palsu atau yang mengandung bahan berbahaya.

Apabila sudah muncul gejala seperti itu, sebaiknya pemakaian krim dihentikan, karena jika tidak, bisa mengakibatkan alergi, iritasi, bahkan infeksi. Lagipula, biarpun kulit wajahmu putih tetapi kelihatannya akan nampak aneh jika setiap keluar rumah tiba-tiba berubah memerah seperti wajah yang hendak terbakar.

Merasakan Perih dan Gatal

Ketiga, efek samping yang akan kamu rasakan berikutnya ialah merasa perih dan gatal pada kulit wajah. Tentu saja, perih dan gatal tersebut sebenarnya adalah reaksi dari kulit kamu bahwa krim yang kamu gunakan itu tidak cocok.

Sayangnya, reaksi ini sering dijadikan propaganda oleh penjual krim bahwasanya itu merupakan efek wajar karena kulit wajah sedang detoks. Kamu sebaiknya lebih cermat dan bijak lagi, mana mungkin kamu membiarkan kulitmu terasa perih dan gatal berhari-hari. Jika kamu diamkan, bukan tidak mungkin perih dan gatal tersebut bisa semakin parah dan kamu mengalami masalah kulit yang serius.

Kulit Mengelupas dan Menjadi Tipis

Terakhir, Efek samping yang bisa dirasakan oleh kulit wajah akibat pemakaian krim pemutih wajah ialah kulit yang terkelupas kemudian menjadi semakin tipis. Hampir sebagian besar orang yang memakai krim pemutih pasti pernah mengalami hal ini.

Sayangnya, lagi-lagi penjual krim pemutih memang memiliki strategi marketing yang cukup matang, mereka menggunakan efek ini dan memberitahukannya kepada konsumen bahwa itu adalah reaksi yang wajar. Namun, sebaiknya kamu perlu berhati-hati karena pengelupasan pada kulit wajah adalah hal yang berbahaya.

Jika kulitmu terkelupas sampai menimbulkan rasa perih yang begitu sakit, segera konsultasikan ke dokter kulit, jangan disepelekan. Sudah banyak korban yang tertipu dan mendiamkan efek tersebut namun ternyata kondisi kulitnya justru menunjukkan hal yang lain.

;
Loading