Sukses

Beauty

Cara Terbaik Merawat Kulit Berminyak

Fimela.com, Jakarta Masalah kulit dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti genetik, pola makan, stres, dan iklim. Sedangkan kulit berminyak adalah hasil dari peningkatan produksi sebum yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan membesar.

Perubahan tekstur kulit berminyak lah yang tidak ideal. Kabar baiknya, ada cara tepat untuk merawat jenis kulit berminyak, seperti dilansir dari byrdie.com.

Untuk membuat kulit sehat secara keseluruhan, penting untuk membersihkan, mengelupas, melembapkan, dan menggunakan tabir surya secara rutin. Kesalahpahaman umum tentang kulit berminyak adalah bahwa pemiliknya tidak membutuhkan pelembap, karena akan membuat kulit semakin berminyak.

 

 

1. Pembersih

Untuk pembersih, carilah produk yang memiliki asam salisilat berdosis rendah. Produk ini dapat mengatasi jerawat, tanpa mengiritasi kulit dan membuatnya terasa lebih halus.

2. Pelembap

Saat memilih produk pelembap, carilah yang memiliki formula seperti gliserin dan asam hialuronat untuk melembapkan kulit. Selain itu, carilah kandungan niacinamide untuk membantu meratakan warna kulit.

Pastikan kamu memilih produk yang bebas minyak dan silikon, agar tidak menyumbat pori-pori. Kandungan aprikot, jojoba, biji anggur, dan buah zaitun dapat membantu mencerahkan dan melembapkan kulit.

3. Eksfolian

Asam glikolat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan mencegah penyumbatan pori-pori yang akhirnya menyebabkan munculnya jerawat.

4. Tabir surya

Tabir surya adalah produk yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UVA dan UVB. Carilah produk yang hipoalergenik, bebas minyak, pewangi, dan paraben agar tidak menyumbat pori-pori.

5. Retinol

Retinol membantu menebalkan kulit untuk mengurangi tampilang garis halus dan mengelupas kulit agar lebih halus secara keseluruhan. Retinol juga merupakan produk unggulan untuk jenis kulit berminyak, karena fungsinya untuk mengelupas, meningkatkan pergantian sel, dan menyamarkan pori-pori.

Khusus untuk kulit berminyak, hindari produk yang mengandung minyak nabati, minyak kelapa, petroleum jelly, kakao, dan shea. Para pakar juga memperingatkan untuk menghindari scrub yang kasar, karena dapat menghilangkan penghalang kulit dan menyebabkan peningkatan produksi minyak.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
New Normal, May May Salon Terapkan Protokol Keamanan Kesehatan untuk Treatment Kecantikan yang Lebih Aman
Artikel Selanjutnya
Waspadai Acne Shaming, Masalah Jerawat yang Berujung Pengaruhi Kesehatan Mental