Sukses

Beauty

7 Cara Berdamai dengan Jerawat yang Tiba-Tiba Muncul Saat Pandemi

ringkasan

  • Jerawat memang bisa muncul tiba-tiba terutama di masa pandemi seperti ini
  • Untuk mengatasinya, simak beberapa cara berikut ini

Fimela.com, Jakarta Jerawat menjadi kondisi kulit yang pasti dialami seseorang paling tidak sekali seumur hidup. Di masa pandemi yang penuh dengan tekanan seperti ini bisa memicu terjadinya jerawat di wajah. Jadi, jangan kaget jika tiba-tiba wajahmu muncul jerawat meski bukan di masa perubahan hormon bulanan.

Jerawat yang muncul bisa dipicu karena stres, kebiasaan di rumah yang merasa tidak harus mencuci wajah, hingga paparan sinar radiasi perangkat elektronik dan matahari. Jika jerawat tiba-tiba muncul seperti ini, jangan panik!. Kamu bisa berdamai dengan jerawat, seperti dilansir dari Boldsky, dengan beberapa cara berikut ini.

1. Jangan sentuh wajah

Di masa pandemi sangat tidak disarankan memegang wajah karena berpotensi memindahkan bakteri dari tangan ke wajah. Sehingga memegang wajah secara konsisten membuat penumpukan bakteri yang bisa menimbulkan jerawat. Jadi, kamu harus tetap mencuci wajah setiap pagi dengan pembersih wajah yang ringan.

2. Perhatikan asupan makanan

Salah satu alasan jerawat bisa muncul tiba-tiba adalah adanya perubahan konsumsi makanan. Lebih banyak makanan berminyak, makanan yang digoreng dan tinggi gula bisa memicu timbulnya jerawat. Sehingga penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

 

3. Kompres dengan es batu

Jerawat biasanya diikuti dengan inflamasi dan peradangan di kulit. Salah satu cara mengatasi jerawat paling mudah adalah mengompresnya dengan es batu. Bungkus es batu pada kain dan kompres pada jerawat hingga peradangannya mereda.

4. Perawatan khusus jerawat

Ketika jerawat semakin membesar dan semakin sakit, disarankan untuk menggunakan produk perawatan khusus jerawat. Bisa menggunakan minyak tea tree atau produk gel untuk mengempiskan jerawat. Campurkan 4-5 tetes minyak tea tree dengan 12 tetes minyak almond. Teteskan di setiap jerawat dan tunggu 10-15 menit.

5. Berhenti gunakan makeup berlapis

Makeup mungkin menjadi salah satu cara instan untuk menyembunyikan jerawat. Namun, makeup justru membuat kondisi wajah jerawat semakin memburuk. Menggunakan makeup berat akan membuat pori-pori tersumbat. Disarankan untuk tidak menggunakan makeup untuk sementara waktu.

6. Hentikan perawatan kulit yang mencerahkan

Perawatan kulit yang mencerahkan sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun tidak ketika jerawat masih meradang. Kandungan aktif dalam produk mencerahkan kulit akan mengiritasi kulit dan membuat jerawat semakin memburuk.

7. Perhatikan produk perawatan rambut

Siapa sangka jika produk perawatan rambut juga ikut andil timbulnya jerawat. Sampo, kondisioner, serum, dan hair spray yang kamu digunakan akan mengenai wajah khususnya dahi. Jika mendadak dahimu timbul jerawat, bisa jadi karena produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan kulit.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Dilema Kulit Remaja, Bikin Wajah Bebas Jerawat Ternyata Gampang Kok!
Artikel Selanjutnya
Di Rumah Aja, Makeup Lebih Praktis dengan Compact Powder Lokal Terbaru

Live Streaming

Powered by