Sukses

Beauty

Cara Mudah Mengenali Perbedaan antara Eksim dan Psoriasis

Fimela.com, Jakarta Ada sebagian besar kondisi kulit yang masih disalahpahami, antara eksim dan psoriasis. Psoriasis adalah penyakit kulit yang dimediasi oleh kekebalan, menyebabkan timbulnya bercak merah dan kulit bersisik.

Sampai sekarang belum ada penyebab pasti dari psoriasis, bisa karena perubahan dalam sistem kekebalan yang menyebabkan peradangan dan peningkatan pergantian sel. Biasanya, sel-sel kulit diganti setiap 10 sampai 30 hari, namun pada penderita psoriasis, sel-sel baru tumbuh setiap 3 sampai 4 hari, seperti dilansir dari byrdie.com.

Proliferasi sel ini menyebabkan penumpukan sel-sel lama dengan sel-sel baru yang menumpuk di atasnya, menyebabkan munculnya bercak merah bergelombang yang tertutup bercak tebal berwarna putih. Psoriasis bisa muncul di mana saja, namun kebanyakan di kulit kepala, siku, lutut, dan punggung bagian bawah.

 

 

Psoriasis

Usia rata-rata penderita psoriasis adalah antara 15 sampai dengan 35 tahun atau antara 55 sampai 60 tahun. Yang penting untuk diketahui adalah psoriasis tidak menular.

Lalu, ada eksim. Meskipun eksim bisa terasa gatal dan meradang, namun penyakit ini tidak menimbulkan bercak bersisik seperti psoriasis.

Eksim adalah kondisi ketika kulit menjadi merah, gatal, kering, dan terkadang bersisik, serta dapat berpengaruh pada bagian tubuh manapun. Umumnya, eksim dipicu karena kulit yang kering, stres, atau kulit bersentuhan dengan sesuatu yang menyebabkan iritasi.

Eksim

Ada lebih dari 1 jenis eksim. Dermatitis atopik dianggap sebagai bentuk eksim kronis yang dapat diturunkan dalam keluarga.

Dermatitis atopik adalah kondisi kulit merah, gatal, dan terkadang bersisik, sering terjadi pada anak-anak, namun juga bisa terjadi pada semua usia. Eksim bisa hilang seiring waktu, namun dermatitis atopik bersifat kronis dan cenderung kambuh secara berkala. Pernahkah kamu mengalami kondisi kulit eksim atau psoriasis?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Bebas Jerawat Ala Kata Middleton dengan Menggunakan Flannel Face, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
#Omnialandia Terinspirasi dari Taman Animasi yang Memiliki Wewangian Khas dan Mewah