Sukses

Beauty

5 Tips Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Fimela.com, Jakarta Kulit berminyak juga berarti rentan terhadap jerawat. Namun, tidak semua kulit berminyak, buruk.

Kulit berminyak tidak terlalu rentan terhadap kerutan, dibandingkan kulit kering. Dilansir dari verywellhealth.com, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi masalah kulit berminyak, penasaran?

1. Membersihkan wajah 2 kali sehari

Cara sederhana untuk menjaga kulit berminyak adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Gunakan sabun berbusa yang dapat bekerja lebih baik membuat kulit berminyak terasa segar dan bersih.

2. Menggunakan astringent

Astringent adalah cara lain yang baik untuk mengontrol kulit berminyak. Astringent membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan mengencangkan pori-pori.

Aplikasikan astringent ke bola kapas dan usapkan ke seluruh area wajah dan leher. Lakukan setelah membersihkan wajah dan sebelum mengaplikasikan pelembap atau obat jerawat topikal.

3. Menggunakan produk bebas minyak dan berbasis air

Carilah produk yang memiliki label 'bebas minyak' terutama untuk produk tanpa bilas, seperti pelembap, tabir surya, dan makeup. Kamu juga sebaiknya mencari produk dengan label 'nonkomedogenik' yang cenderung tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori dan cenderung tidak memicu munculnya jerawat.

Produk berbasis air adalah pilihan bagus lainnya untuk merawat kulit berminyak. Produk berbasis air tidak akan meninggalkan residu berat pada kulit.

4. Jangan menggosok kulit

Menggosok kulit dengan scrub yang abrasif tidak akan memberikan keuntungan apapun bagi kulit berminyak. Justru akan mengiritasi kulit.

5. Eksfoliasi dan gunakan perawatan jerawat

Perawatan jerawat dan produk eksfoliasi mengurangi minyak berlebih dan dapat memperbaiki tampilan pori-pori yang besar. Banyak obat jerawat yang berfungsi untuk mengurangi tampilan pori-pori yang terlalu besar saat mengatasi masalah jerawat, seperti retinoid dan asam salisilat.

#ChangeMaker

;
Loading