Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Kantung Mata Menurut Ahli

Fimela.com, Jakarta Memiliki kantung mata akan sangat mengganggu penampilan. Membuatmu tampak lelah dan lesu sepanjang hari. Kantung mata akan sulit hilang meski telah dilakukan perawatan menggunakan produk skincare. Menghilangkan kantung mata yang cukup efektif adalah dengan melalui prosedur estetika yang dilakukan oleh profesional.

Perlu dipahami sejak usia 25 tahun, produk kolagen dan elastin akan cenderung menurun. Sehingga menyebabkan kulit menjadi kendur dan bengkak. Hal inilah yang menimbulkan kantung mata.

Ahli bedah plastik okulofasial dr. Chaneve Jeanniton menjelaskan di bawah permukaan kulit terdapat otot, jaringan ikat, ligamen, dan lemak yang berkontribusi pada perubahan yang kita lihat secara eksternal. Meski sering mengoleskan krim mata, dr. Jeanniton menambahkan mengatasi kantung mata harus dengan pendekatan yang lebih menyeluruh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan kantung mata.

1. Mengatur pola makan

Makanan asin adalah penyebab umum retensi air yang dapat memengaruhi tampilan di bawah bagian mata. Jika tubuh memiliki garam terlalu banyak, maka air akan berkumpul di area terdapat lebih banyak garam untuk mengurangi konsentrasinya. Suplemen kolagen, makanan dengan vitamin A dan vitamin C akan membantu mengatasi hal ini.

2. Faktor alergi

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa alergi akan hal tertentu bisa menyebabkan kantung mata. Bahkan menggunakan lensa kontak pun bisa berpotensi menyebabkan kantung mata karena dapat mengiritasi mata dan menyebabkan cairan menumpuk di bawah mata. Konsultasikan dengan dokter untuk menilik kemungkinan terjadi alergi.

3. Istirahat

Secara umum, istirahat penting untuk menurunkan tingkat stres dan membantu mencegah kantung mata. Istirahat tidak hanya memberi waktu pada pikiran untuk lebih rileks, namun juga tubuh dapat meregenerasi dirinya lebih sempurna.

4. Kelola stres

Tingkat stres memengaruhi kadar kortisol yang dapat meningkatkan penampilan dan intensitas bengkak dan kantung mata. Meditasi menjadi salah satu pendekatan untuk mengurangi stres, seperti halnya olahraga.

5. Tetap terhidrasi

Retensi cairan dan dehidrasi menjadi penyebab bengkak di bawah mata. Menjaga hidrasi yang tepat akan meningkatkan sirkulasi yang membantu menghilangkan kelebihan cairan di area mata. Minum minimal 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan harian.

6. Berjemur dengan sunscreen

Dermatolog Macrene Alexiades, MD menekankan pentingnya memakai sunscreen setiap hari. Bisa juga menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV berbahaya. Area mata menjadi tempat yang luput dari sunscreen. Setidaknya gunakan sunscreen dengan SPF 30 untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang dapat memecah kolagen dan elastin. Sehingga menyebabkan kantung mata dan kulit kendur.

Simak video berikut ini

#changemaker

Loading