Sukses

Beauty

Diary Fimela: Tak Kalah dari Produk Internasional, Simak Kisah Kesuksesan Bisnis Skincare Berbahan Alami dari Petani Lokal

Fimela.com, Jakarta Tren perawatan kecantikan di Indonesia dalam 5 tahun terakhir semakin populer, khususnya skincareDengan adanya berbagai produk dari luar negeri yang viral, beauty enthusiast semakin gencar mencoba dan me-review berbagai produk internasional. Meski harus memesan produk dari jauh-jauh hari dan membayar pajak dan harga yang cukup mahal, skincare merk internasional sempat merajai pasar dunia kecantikan. 

Melihat hal ini, tim N'Pure memutuskan untuk melakukan research lebih dalam mengenai skincare tersebut. Menurut CMO N'Pure Devina Wijaya, sebenarnya produk lokal juga bisa memiliki kualitas yang sama baiknya dengan produk-produk internasional. Untuk itu, Devina dan tim N'Pure berpikir untuk menciptakan produk lokal yang juga menggunakan bahan-bahan lokal. 

Meski menggunakan bahan-bahan yang ditanam di Indonesia, rangkaian skincare N'Pure yang terkenal dengan kandungan cica dan Marigold ini tidak kalah dengan produk impor.  

"Melihat hal itu, tim kami memutuskan untuk melakukan research lebih dalam mengenai skincare luar negeri tersebut dan kemudian berpikir untuk menciptakan produk lokal yang juga menggunakan local ingredients, namun kualitasnya tidak kalah dengan produk impor. Dengan berbagai research dan proses akhirnya terbentuklah N’PURE pada November 2017," jelas Devina. 

Meski mendapatkan antusiasme yang cukup baik dan ramai dari para beauty enthusiast di Indonesia, namun mengembangkan brand skincare lokal tidak mudah. Apalagi menggunakan bahan baku lokal dengan kualitas yang tinggi. 

"Bahan baku natural ternyata tidak semudah itu diolah, harus melewati berbagai proses yang benar-benar terkontrol. Jadi gak cuma asal mencampurkan kandungan natural saja. Apalagi di dalam product N’PURE, kita benar-benar memasukkan bahan baku natural itu ke dalam packaging." 

Misalnya saja, lanjut Devina, N’PURECentella Asiatica Toner, yang di dalamnya mengandung daun pegagan utuh. Kendalanya, daun tersebut harus tetap aman dan manfaatnya tetap terjaga walaupun ada di dalam packaging untuk waktu yang lama.

"Untuk masalah presentasi product saja kita membutuhkan research yang cukup lama, belum lagi dalam proses develop ingredients, jadi gak cuma presentasi product yang bagus, kualitasnya juga harus bisa menjawab permasalahan kulit wanita Indonesia," ungkapnya. 

Bahan Alami dari Petani Lokal

Seluruh rangakaian produk N'Pure mengandung key ingredients bahan-bahan alami. Seperti aloe vera, cactus, dan lemon. Juga ada daun pegagan atau juga dikenal sebagai Centella Asiatica atau cica. Selain itu, juga ada bunga gemitir atau marigold. 

"Akhir-akhir ini kita menggunakan cacao dalam produk terbaru kita yaitu N’PURE Cica Chocomint Clay Mask. Kandungan alami ini semuanya kita ambil dari petani lokal kita," katanya. 

Ide untuk menggunakan bahan-bahan alami dari petani lokal ini dimulai dari kandungan cica yang sangat populer di Korea. Kebanyakan, orang-orang tahu kandungan ini berasal dari Negeri Ginseng. Padahal, usai melakukan research, tim N'Pure menemukan kandungan ini sama dengan daun pegagan yang ada di Indonesia. 

Daun pegagan ini memiliki banyak khasiat, baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Salah satunya sebagai calming agent, mengatasi peradangan pada kulit, sebagai antioksidan, dan meningkatkan hidrasi pada kulit. Cica juga sangat baik untuk digunakan bagi pemilik kulit yang berjerawat. 

"Seperti yang kita tahu, banyak sekali masyarakat kita yang sampai saat ini masih struggling dalam menemukan produk yang cocok untuk merawat kulitnya yang berjerawat. Kenapa tidak N’PURE membantu menjawab permasalahan mereka dengan menggunakan kandungan natural ini? Akhirnya kita memulai proses develop rangkaian series ini satu per satu hingga menjadi N’PURE Centella Asiatica Series yang dikenal saat ini," jelasnya. 

Selain Cica, N'Pure juga terkenal akan kandungan Marigoldnya yang juga berasal dari petani lokal. Bahan ini mampu mengatasi tanda-tanda penuaan dini secara alami. Bekerja dengan cara mencegah penuaan, bunga yang banyak ditemukan di Bali ini juga memiliki banyak manfaat seperti menangkal radikal bebas. 

Dengan menghadirkan produk skincare lokal yang menggunakan bahan-bahan alami dari petani Indonesia, N'Pure juga bukan hanya membantu masyarakat yang memiliki beragam masalah kulit wajah, tetapi juga membantu kelangsungan hidup para petani lokal. 

"Mulai Cantik Alami adalah tagline dari N’PURE. Kita ingin mengubah mindset wanita Indonesia jika cantik itu tidak selalu harus putih dan instan. Cantik itu berasal dari kulit yang sehat dan untuk sampai ke titik itu membutuhkan proses. Dengan N’PURE, kita mengajak wanita Indonesia untuk sama-sama mendapatkan kulit sehat dan cantik dengan menggunakan produk skincare berbahan baku alami atau natural," pungkasnya. 

#elevate women

;
Loading