Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati di Wajah

Fimela.com, Jakarta Secara alami, kulit akan memperbarui dirinya sendiri setiap 30 hari sekali atau lebih. Proses ini terjadi ketika lapisan luar kulit atau epidermis melepaskan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Sel kulit mati terkelupas melalui aktivitas normal sehari-hari, seperti menarik dan melepas pakaian. Sedangkan pengelupasan adalah ketika kamu menghilangkan sel-sel kulit mati ini dari lapisan atas kulit dengan lebih cepat.

Namun, kamu harus sangat berhati-hati dalam melakukan pengelupasan, karena produk yang digunakan dapat dengan mudah merusak kulit. Dilansir dari medicalnewstoday.com, berikut ini adalah beberapa cara yang harus diperhatikan untuk menghilangkan sel kulit mati di wajah.

1. Pengelupasan manual

Pengelupasan atau eksfoliasi manual melibatkan penggunaan alat atau scrub untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah secara fisik.

2. Pengelupasan kimiawi

Pengelupasan kimiawi melibatkan penggunaan asam ringan untuk melarutkan sel kulit mati. Sebagian besar produk yang dipasarkan untuk digunakan pada wajah mengandung pengelupas kimiawi tingkat rendah, sehingga aman untuk digunakan pada semua jenis kulit.

Untuk melakukan pengelupasan kimiawi, sebaiknya lakukan secara bertahap, untuk membantu mencegah iritasi kulit. Jangan gunakan pengelupas kimiawi lebih dari sekali per minggu.

Beberapa jenis pengelupas kimiawi yang paling umum adalah asam alfa hidroksi, asam beta hidroksi, dan retinol. Namun, kamu disarankan tidak menggunakan AHA, BHA, dan retinol secara bersamaan, karena terlalu keras untuk kulit.

 

Cara melakukan pengelupasan sel kulit mati dari wajah

AHA bekerja dengan cara melarutkan lapisan atas kulit untuk menampakkan sel-sel kulit yang baru di bawahnya. Asam glikolat adalah AHA yang paling umum.

Sedangkan BHA menembus pori-pori untuk melepaskan sel kulit mati, sehingga lebih cocok untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi. Asam salisilat adalah BHA yang paling umum.

Untuk pemilik kulit sensitif, kain yang lembut bisa menjadi pilihan terbaik. Basahi kain dengan air hangat, lalu gunakan untuk menggosok kulit secara lembut dalam gerakan melingkar kecil.

Spons juga bekerja dengan baik untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Basahi dan peras spons, lalu gunakan gerakan melingkar kecil untuk mengelupas sel kulit mati.

Atau kamu bisa mencoba scrub yang populer digunakan untuk menghilangkan sel kulit mati di wajah. Cobalah membuat scrub sendiri di rumah dari gula atau oatmeal. Selamat mencoba, Sahabat FIMELA!

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Tepat Mengatasi Kulit Siku dan Lutut yang Kasar
Artikel Selanjutnya
Cara Terbaik Menghilangkan Noda Hitam dan Penuaan pada Kulit Wajah