Sukses

Beauty

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Kalau Nggak Mau Jerawatan!

Fimela.com, Jakarta Hal yang paling menyebalkan bagi setiap orang khususnya perempuan yaitu memiliki jerawat. Bagaimana tidak? Wajah yang menjadi banyak perhatian orang akan terlihat tidak menarik jika muncul jerawat, apalagi sebelumnya Anda memiliki kulit wajah yang mulus, tiba-tiba muncul jerawat, sudah pasti kaget dan kepikiran banget.

Biasanya jerawat disebabkan oleh penyumbatan kotoran di pori-pori wajah, misalnya saja, ketika Anda seharian berada di luar rumah, naik kendaraan umum, bertemu dengan banyak debu dan polusi, otomatis wajah akan terkontaminasi dengan kotoran. Buka hanya itu saja, dari makeup yang tidak dibersihkan atau dihapus tidak terlalu bersih juga akan menimbulkan jerawat serta komedo.

Biasanya beberapa dari Anda, suka banyak yang acuh dengan kebersihan wajah. Padahal debu dan kotoran yang lama mengendap di wajah akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan kebersihan kulit. Siap-siap saja jerawat akan seliweran di wajah kalau masih tetap acuh dengan kebersihan wajah. Nih, agar Anda terhindar dan terbebaskan dari jerawat, dan tetap memiliki wajah yang bercih, cantik, serta mulus. Mulai sekarang jangan sampai anda melakukan 5 hal ini ya!

1. Jarang cuci muka

Tahu nggak sih, kalau Anda jarang mencuci muka, banyak banget kotoran yang mengendap di wajah. Kotoran yang masuk ke pori-pori tersebut akan berubah menjadi jerawat serta komedo yang menyeramkan.

Ilustrasi cuci muka. (iStockphoto)

Untuk menjaga penampilan wajah agar tetap oke, ada baiknya Anda harus rutin mencuci muka minumal sehari 2 kali. Jangan sampai wajah Anda dibiarkan kotor ya.

2. Tidur dengan makeup

Banyak perempuan yang menyukai makeup. Apalagi makeup memang membuat penampilan lebih menarik dan cantik, tetapi banyak perempuan juga yang terkadang jika sudah kelelahan lupa membersihkan makeup dan dibawa tidur semalaman.

Ilustrasi tidur dengan makeup. (Sumber foto boldsky.com)

Padahal bekas makeup sangat bahaya bila mengendap terlalu lama di wajah, penumpukan sisa makeup akan membuat Anda jerawatan serta membuat wajah beruntusan secara cepat.

3. Memakai kosmetik yang salah

Ini juga salah satu penyebab munculnya jerawat membandel di wajah. Ketika Anda memutuskan untuk membeli makeup, pilihkan makeup yang komposisinya cocok pada wajah, jangan sembarangan membeli karena termasuk brand terkenal atau harganya murah.

Ilustrasi makeup. (Sumber foto: Pexels.com)

Beli lah kosmetik yang sesuai dengan wajah dan cocok dipakai dalam jangka panjang. Jangan sampai Anda salah memilih kosmetik ya, apalagi kosmetik memang menjadi salah satu kebutuhan perempuan.

4. Salah memilih makanan

Mitosnya sih, kebanyakan makan kacang-kacangan akan menyebabkan jerawat berlebih di wajah. Namun bukan hanya itu saja, ketika Anda salah memilih makanan pun bisa lho menyebabkan jerawat di wajah.

Memilih makanan. (Sumber: Pexels.com)

Misalnya saja Anda makan terlalu pedas atau berminyak, itu bisa menjadi salah satu penyebab jerawat. Jadi mulai sekarang Anda bisa membuat porsi makanan yang baik atau tidak untuk tubuh dan wajahmu, ya.

5. Kurang minum air putih

Tahu nggak sih, ketika Anda kurang mengonsumsi air putih, akan muncul penyakin dan keluhan lain. Misalnya saja, pinggang terasa nyeri, bibir kering, dehidrasi, dan bisa membuat wajah kering, kusam, dan pada akhirnya akan muncul jerawat.

Air putih. (Sumber Foto: Skyflo Health)

Maka, untuk mengatasi itu semua, disarankan untuk rutin minum air putih, minimal delapan gelas sehari untuk membuat kulit lembab serta bebas dari jerawat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading