Sukses

Beauty

Apakah Itu Kosmetik Halal?

Halal Make UpSamina kemudian mencoba mencari berbagai produk kosmetik yang Halal untuk digunakan namun mengalami kekecewaan karena kebanyakan produk kosmetik yang beredar di pasaran tidaklah Halal. Untuk menjawab isu ini, ia pun kemudian menciptakan sebuah lini kosmetik Halal yang dinamakan Samina Pure.

Samina Pure yang diluncurkan pada bulan Juni 2010 mengeluarkan berbagai macam kosmetik seperti foundation, bedak, blush on, lipstick sampai eyeliner. Lucunya, penggemar produk Samina Pure bukan hanya para muslimah. Banyak dari para konsumen Samina Pure adalah para non-muslim yang perduli akan hewan dan produk yang diproduksi dengan nilai etis.

Tidak hanya Samina, seorang make up artist muslim asal Kanada bernama Layla Mandi memiliki kekhawatiran serupa. Sebagai seorang make up artist, ia sering bersentuhan dan menggunakan banyak sekali kosmetik dari berbagai macam merek. Namun, ia harus kecewa ketika menemukan bahwa kebanyakan kosmetik bahkan juga sampo dan pelembab mengandung plasenta, darah, lemak urin, sampai gelatin yang diperoleh dari babi, rebusan kulit babi, tulang maupun kukunya.

Sebut saja kolagen dan asam Hyaluronic yang ditemukan dalam krim anti-penuaan umumnya berasal dari plasenta babi atau sapi, dan keduanya digunakan untuk membuat kulit lebih kenyal. Kemudian asam Stearic, yang digunakan dalam banyak foundation, maskara dan pelembab adalah zat pelumas yang dapat berasal dari perut babi. Keratin, yang digunakan dalam produk rambut untuk melindungi dan memperkuat rambut, berasal dari kuku hewan, kuku dan rambut. 

Hal ini membuatnya memutuskan untuk menciptakan kosmetik Halal dengan kualitas yang tidak kalah dari kosmetik ternama. Dengan bantuan dokter kulit dan ahli kimia, ia menciptakan lini One Pure yang bisa ditemukan di Dubai dan di negara-negara Timur Tengah. One Pure pun diciptakan dengan kualitas tinggi dan dibungkus dalam kemasan yang mewah sehingga tidak heran kalau kemudian One Pure menjadi favorit para perempuan di Saudi Airlines dan Souk Al-Bahar.

Di Indonesia sendiri, kamu bisa mendapatkan kosmetik Halal seperti kosmetik Wardah di mal terdekat dengan harga yang terjangkau. Kamu juga bisa memilih untuk berbelanja merek-merek kosmetik Halal lainnya seperti Samina Pure dan One Pure melalui internet. 

Tetapi bagaimana dengan kamu? Apakah menurut kamu penting untuk memilih kosmetik yang Halal ataukah menurutmu itu hanyalah bagian dari trik penjualan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading