Sukses

Beauty

Saatnya Membuang Kosmetik, Berani?

make upMenurut Ni’Kita Wilson seorang ahli kimia dari Cosmetech Laboratories di Amerika, pada saat kosmetik kamu belum dibuka dan disimpan dalam ruangan dengan temperatur sejuk, mereka bisa bertahan beberapa tahun. Namun, hitungan umurnya dimulai saat kamu membuka produk tersebut karena sewaktu formula kosmetik terekspos udara, sebuah proses oksidasi akan terjadi dan produk tersebut akan mengalami degradasi. Panas dan kelembaban akan mempercepat proses oksidasi tersebut. Karena itu, kamar mandi bukanlah tempat yang tepat untuk menyimpan kosmetik dan produk perawatan kulit kamu. Meja rias yang kering dan tidak terkena cahaya langsung dari matahari merupakan tempat yang lebih ideal.

Meskipun begitu, udara, panas dan kelembaban bukanlah faktor terbesar yang memperpendek umur kosmetik. Penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit dengan tangan, apalagi tangan yang belum dibersihkan, adalah penyebab nomor satu karena kotoran atau bakteri yang ada di tangan akan otomatis berpindah ke dalam kosmetik atau produk perawatan kulit yang kamu sentuh. Karena itu, para ahli merekomendasikan “umur” dari kosmetik yang kita pakai, dan menyarankan untuk membuang kosmetik yang sudah kadaluarsa.

Umumnya, setiap produk kosmetik dan perawatan kulit akan mencantumkan umur dari produk tersebut. Namun, apabila kamu tidak menemukannya, berikut adalah panduan yang dapat kamu gunakan.

Oil-Free atau Water-Based Foundation: 1 tahun

Foundation lainnya: 18 bulan

Moisturizer dan Produk Perawatan Kulit: 1 – 2 tahun

Concealer: 1 tahun

Compact Powder: 18 bulan

Loose Powder: 2 tahun

Pensil Alis: 2 tahun

Powder Eyeshadow: 2 tahun

Cream Eyeshadow: 6 – 12 bulan

Liquid/ Gel Eyeliner: 6 bulan

Pensil Eyeliner: 2 tahun

Maskara: 6 bulan

Powder Blush: 2 tahun

Cream Blush On: 6 – 12 bulan

Lipstik: 1 tahun

Lipgloss: 1 tahun

Pensil Lipliner: 2 tahun


Fimela Tips: Karena kita cenderung lupa kapan kita membuka dan menggunakan kosmetik atau produk perawatan kulit untuk pertama kalinya, kita bisa menempelkan label kecil dan menuliskan tanggal kadaluarsa dari produk tersebut.

Misalnya, apabila maskara kamu pertama kali digunakan pada bulan Juni 2011, maka dengan umur 6 bulan, ia akan kadaluarsa pada bulan Desember 2011. Kamu bisa menuliskan Des/11 pada label untuk mengingatkan kamu akan tanggal kadaluarsa maskara tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading