Sukses

Beauty

Pakai Tanning Bed Sebelum Usia 35, Lebih Berisiko Melanoma?

tanning bed

Jakarta Penelitian yang dilakukan di Amerika tersebut menunjukkan data bahwa orang yang berusia di bawah 35 tahun tak disarankan untuk menggunakan tanning bed. Alasannya karena risiko melanoma bagi yang berusia di bawah 35 tahun saat menggunakan tanning bed akan meningkat hingga 75%! Wow, that's pretty riskful.

Sedikit penjelasan soal melanoma. Melanoma adalah jenis kanker kulit terjadi pada sel yang menghasilkan pigmen melanin yang memberikan warna pada kulit. Nggak hanya di kulit, melanoma juga bisa terjadi di mata dan organ internal, bahkan saluran pencernaan. Radiasi sinar ultraviolet yang berlebihan merupakan salah satu faktor utama yang bisa meningkatkan risiko terkena melanoma tersebut. Keep in mind.

Back to previous research. Mengacu pada penelitian tersebut, akhirnya FDA lagi-lagi mengeluarkan aturan baru yang terkait dengan kecantikan kulit ini (sebelumnya FDA sempat mengeluarkan aturan baru soal sunscreen). Nah, untuk tanning bed, semua produsen yang akan menjual tanning bed haruslah mendapatkan approval dari FDA. Pada tahun 2015 mendatang diharapkan tanning bed yang tak memenuhi standar sudah dihentikan produksinya.

Di Amerika sendiri, ternyata tanning bed cukup banyak digemari banyak perempuan, terlebih bagi remaja. Berdasarkan data dari American Academy of Dermatology, jumlah remaja yang menggunakan tanning bed setiap tahunnya mencapai lebih dari 2 juta. Data lain menunjukkan bahwa para remaja ini terbilang sering menggunakan tanning bed dibandingkan dengan orang dewasa. Mereka bisa menggunakan tanning bed hingga 10 kali dalam setahun!

Nah, jumlah frekuensi penggunaan tanning bed yang terbilang sering inilah yang menjadi alasan utama mengapa remaja lebih mudah berisiko melanoma dibandingkan orang dewasa. Dermatologist juga sempat menemukan melanoma di beberapa bagian tubuh yang secara umum bukan disebabkan karena paparan sinar matahari, jadi disimpulkan bahwa melanoma tersebut disebabkan oleh indoor tanning atau tanning bed. FYI, orang yang lebih sering terkena sunburn sebelum usia 18 atau masih dalam tahap perkembangan, risiko melanoma yang akan menimpa pun akan lebih tinggi. Noted that!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading