Sukses

Beauty

Perawatan Gigi dan Gusi, Alami atau Teknologi Terkini?

Jakarta Beragam jenis perawatan gigi (dengan gusi pastinya), baik perawatan secara alami maupun menggunakan teknologi terkini, sudah tersedia di depan mata. Tujuannya sama yaitu bagaimana agar gigi menjadi putih, bercahaya, dan tumbuh di atas gusi yang juga sehat. Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya kamu mencermati dulu jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi gigi dan gusimu.

Natural Way to Care for Your Teeth

Rutin menyikat gigi, berkumur dengan mouthwas, dan menggunakan dental floss adalah tiga hal wajib yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi. Namun, di samping itu ada juga cara-cara alami untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain aman untuk dilakukan, cara ini menggunakan bahan yang mudah ditemukan dan akrab dengan kita.

  • Konsumsi makanan dan minuman yang berperan sebagai pemutih gigi alami, seperti buah-buahan dan sayuran hijau.

  • Cegah noda gigi dan plak  dengan mengonsumsi brokoli, bayam, dan daun selada. Ketiga jenis sayuran ini dipercaya mampu mencegah timbulnya plak, noda, dan kotoran pada gigi

  • Sikat gigi setiap selesai makan atau sebanyak tiga kali dalam satu hari. Saat kamu menyikat gigi, pastikan kamu tidak melakukannya terlalu keras atau terlalu pelan. Kalau terlalu keras, maka gigimu akan terancam terkena abrasi gigi. Namun kalau terlalu pelan, maka gigi putih yang kamu inginkan akan sulit didapat.

  • Gunakan pasta gigi yang juga memiliki efek memutihkan gigi. Walaupun hasilnya tidak akan langsung terlihat tapi cara ini akan membantu warna gigimu tidak berubah.

Technologies and Your Teeth

Jika kamu merasa cara-cara alami sudah tidak efektif lagi untuk memperindah gigi dan gusimu, ada beberapa teknologi terkini yang bisa kamu coba. Jenisna sangat beragam, mulai dari yang berfungsi untuk mempercantik penampilan hingga yang memiliki manfaat untuk kesehatan gigi.

  • Perawatan gigi menggunakan veneer. Perawatan jenis ini adalah melapisi bagian depan gigi yang dianggap bermasalah dengan lapisan yang terbuat dari proselen. Pertama-tama dokter akan memeriksa gigi dan menentukan gigi mana yang akan dilapisi. Selanjutnya, dokter akan membuat cetakan yang akan digunakan untuk melapisi email gigi. Setelah itu barulah akan dipasang di bagian depan. Perawatan ini disebut mampu mengatasi beberapa masalah gigi, seperti dapat meratakan permukaan gigi dan menutup kerenggangan antar gigi.

  • Perawatan gigi dengan menggunakan sinar ultraviolet. Perawatan ini menggunakan obat berbentuk pasta yang bertujuan membersihkan karang gigi. Obat tersebut diaktifkan dengan menggunakan sinar ultraviolet yang dioperasikan dengan alat khusus. Setelah selesai, proses selanjutnya adalah proses penyinaran. Gigi yang sudah diolesi obat akan disinar menggunakan sinar ultraviolet selama 5-10 menit. Setelah itu, gigi akan kembali diolesi obat dan disinari. Proses ini diakhiri dengan berkumur untuk menghilangkan rasa obat yang menempel.

  • Perawatan gigi dengan proses memutihkan atau whitening. Perawatan gigi ini diawali dengan pembersihan gigi dan penghapusan plak di sepanjang garis gusi. Lalu, gigi akan dilapisi oleh gel peroksida. Selanjutnya, lampu khusus bersinar laser digunakan untuk mengaktifkan gel. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar satu jam. Dalam kasus-kasus yang tidak biasa, prosedur pemutihan gigi perlu diulang di lokasi yang terdapat noda.

Things to Do to Keep Your Teeth Healthy

Suka atau tidak, terkadang pengorbanan yang harus dilakukan untuk menjaga agar gigimu tetap putih, salah satunya adalah menjauhi beberapa makanan yang menjadi favorit banyak orang dan melakukan beberapa ritual baru. Berikut kami jabarkan:

  • Hindari wine, teh, dan kopi. Makanan dan minuman yang berwarna intense, seperti wine, teh, dan kopi, cenderung dapat mengubah warna gigi. Kandungan kromogen, sebuah molekul pigmen berwarna intense, dapat menempel ke enamel gigi dan mengakibatkan warna gigi menguning.

  • Hindari makan makanan yang keras. Meskipun gigi kamu tergolong kuat, mengunyah makanan yang terlalu keras tetap dapat mengakibatkan gigimu patah. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya potong makanan menjadi kecil-kecil agar kerja gigi lebih ringan.

  • Menyikat gusi. Nggak cuma gigi yang perlu perawatan, gusi jangan dilupakan, karena sisa-sisa makanan yang kamu konsumsi juga dapat menempel ke gusi. Saat menyikat gigi, jangan lupa untuk menyikat gusimu juga pelan-pelan agar kotoran yang menempel pada gusi juga ikut terangkat.

  • Lakukan massage gusi. Kamu bisa meminta dokter gigimu untuk mengajari trik massage gusi dirumah, karena diperlukan teknik dan gel khusus agar kamu tidak luka saat melakukan massage. Pemijatan ini berfungsi untuk mengurangi sensitivitas gigi, relaksasi gusi, dan meningkatkan kadar oksigen dan nutrisi ke pembuluh darah dalam gusi.

  • Menyikat gigi secara teratur. Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali penyakit yang awalnya bersumber dari sakit gigi, seperti sakit jantung, stroke, diabetes, dan masih banyak lagi. Dengan menyikat gigi secara benar dan teratur setiap hari, secara otomatis kita sudah melakukan cara terbaik untuk merawat gigi dan juga keseluruhan tubuh kita. Sikatlah gigi secara menyeluruh agar tidak ada sisa-sisa makananan yang menempel.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading