Sukses

Beauty

5 Tips Cegah Rambut Rusak Akibat Penggunaan Alat Styling Terlalu Sering

Jakarta Memiliki rambut yang terlihat selalu siap, on point seperti para selebriti saat di depan kamera atau model runway saat berjalan di atas catwalk, memang menjadi impian. Cara mendapatkannya pun tidak membutuhkan effort. Tanpa harus ke salon, kita bisa melakukan styling rambut sendiri di rumah.

Alat styling yang dibutuhkan juga tidak banyak. Kita hanya perlu mempersiapkan 2 items ini saja: hairdryer dan alat pelurus atau pengeriting rambut (catokan). Kedua alat ini memang cukup bersahabat di keseharian perempuan yang ingin tampil maksimal dalam waktu minimal. Sayangnya, terlalu sering menggunakan alat styling instan, dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Suhu panas yang dihasilkan, perlahan membuat lapisan melanin pada rambut menipis. Ini lah awal dari penuaan rambut yang tanda-tandanya  akan kita temui seperti: rambut kering, rontok, rapuh, bercabang, dan terlihat kusam.

Well, masih berpikir ingin tetap menggunakan alat styling rambut? tak apa-apa, tapi untuk meminimalisir resiko penuaan rambut akibat efek negatif penggunaan alat styling rambut, berikut beauty tips yang bisa diterapkan ke dalam ritual kecantikan harianmu.

>> Jangan asal memilih alat styling

Jika mencatok rambut sudah menjadi ritual harianmu, pilihlah alat catok yang memiliki lapisan keramik dengan kualitas baik. Lapisan keramik sangat berpengaruh pada daya hantar panas yang lebih rendah dan aman untuk melindungi lapisan melanin rambut.  

>> Hindari mencatok rambut dalam keadaan rambut masih basah

Buang alasan karena terburu-buru dan tidak mempunyai waktu untuk mengeringkan rambut dengan maksimal, lantas kamu memilih untuk mencatok rambut dalam keadaan yang masih basah. Rambut dalam keadaan setengah kering atau lembab akan berpotensi lebih cepat rapuh, pecah-pecah, dan kering. Meskipun kamu memaksa untuk mencatoknya, rambut tetap terlihat tampil tidak maksimal dan tidak stunning. Rambut juga akan lebih cepat lepek.

>> Kurangi pemakaian hairdryer untuk mengeringkan rambut

Beberapa perempuan memiliki kebiasaan 'keramas setiap hari'. Sehari saja tidak melakukan keramas, kulit kepala akan terasa gerah. Untuk menghindari pemakaian hairdryer, kita bisa mengeringkan rambut secara alami dengan mengandalkan panas matahari atau mengipasnya (diangin-anginkan). Memang memerlukan tenaga dan cukup effort ,sih. Tapi jika hasilnya mampu melindungi rambut dari kerusakan, whynot?

>> Gunakan serum rambut sebelum menggunakan alat styling

Cara ini berlaku untuk penggunaan hairdryer ataupun alat catok (pelurus rambut). Sebelum mengeringkan atau meluruskan, aplikasikan serum rambut dari bagian tengah sampai ujung rambut. Serum rambut berfungsi untuk melindungi lapisan melanin rambut. Serum juga bermanfaat untuk melindungi rambut dari efek panas alat styling.

>> Hindari gerakan zig-zag saat meluruskan rambut

Menggunakan alat catok pun ada aturannya. Hindari menggerakkan (zig-zag) alat catok rambut di tengah bagian rambut sedang dicatok. Jika diterapkan terlalu sering saat mencatok rambut, efek negatifnya akan membuat rambut mudah patah, rapuh tidak hanya di ujung rambut, namun dari bagian tengah rambut dan bercabang.

Sangat sering mengeringkan dan meluruskan rambut dengan mesin? saatnya beri perhatian lebih pada rambut kita, poin-poin di atas patut dipertimbangkan. Tapi, jangan lupa pula merawat rambut yang mendukung rasa percaya diri kita ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading