Sukses

Beauty

3 Rekomendasi Sunscreen untuk Proteksi Maksimal dari Sinar Negatif Matahari

Jakarta Informasi tentang bahaya sinar UV untuk kesehatan kulit telah sering disampaikan. Ironisnya, masih banyak dari kita yang kurang kesadaran untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar UV, meski hanya menggunakan sunscreen.

Penggunaan sunscreen masih sering terlewatkan di ritual kecantikan harian. Entah itu untuk wajah atau pun kulit di bagian tubuh lain, seperti leher, tangan dan kaki. Hal ini disebabkan ketidakpahaman tentang seberapa penting pengaruh sunscreen untuk melindungi kulit demi investasi kesehatan juga kecantikan di masa depan.

Well, salah satu cara yang mampu menjelaskan tentang mengapa sunscreen penting untuk digunakan sebagai ritual cantik harian (baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan), bersama NIVEA, adalah lewat penggunaan kamera UV yang FIMELA coba langsung.

Mengapa sunscreen penting digunakan dan seperti apa cara kerja sunscreen saat melindungi kulit?

Penting untuk diketahui, sunscreen bekerja sebagai penangkal (filter) dari radiasi buruk sinar UV terhadap kulit. Sunscreen tidak bekerja untuk menutupi (blok) sinar UV agar tidak dapat masuk ke lapisan kulit kita. Kulit tetap membutuhkan asupan sinar UV demi kesehatan tulang. Pengaruh baik dari sinar UV untuk kulit ini bisa kita dapatkan di waktu tertentu, pagi hari, pukul 07.00 sampai 09.00 dan sore hari, pukul 16.00 sampai 18.00.

Penggunaan sunscreen pun tidak cukup hanya sekali. Nilai yang terkandung di dalam SPF hanya menunjukkan intensitas ketahanan perlindungan. Artinya, walaupun kita menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi, aplikasi ulang selama minimal 2 jam sekali tetap harus kita lakukan. Misal, perempuan Indonesia memiliki ketahanan 10 menit terhadap sinar UV. Jika menggunakan sunscreen SPF 30 maka kulit kita akan terlindungi dari sinar UV selama 300 menit.

Bagaimana kamera UV yang FIMELA coba langsung dapat memberi jawaban tentang pentingnya penggunaan sunscreen di dalam aktivitas harian? 

Kamera UV memiliki kemampuan visualisasi yang baik dalam merespon sinar UV dan kulit. Interaksi antara sinar UV dan kulit ini hanya bisa kita lihat dengan menggunakan kamera UV, yang artinya tidak bisa ditangkap oleh kamera biasa ataupun dengan penglihatan mata. Kamera UV mampu bekerja untuk melihat apakah kulit kita terlindungi dengan baik atau tidak dari sunscreen yang kita gunakan.

Kamera UV juga mampu menjawab kualitias sunscreen yang kita gunakan, apakah cukup baik atau tidak dalam melindungi kulit dari pengaruh sinar UV. Kulit yang terlindungi dengan baik oleh sunscreen akan memberikan hasil foto, dimana kulit terlihat gelap secara keseluruhan. Semakin gelap warna kulit yang terlihat di kamera UV, artinya sunscreen yang kita gunakan pun cukup baik untuk memproteksi kulit dari sinar UV.

Kamera UV hanya mampu bekerja untuk melihat apakah sunscreen yang kita gunakan sudah cukup teraplikasi dengan rata di kulit dan semakin terlihat hitam pekat, itu tandanya kulit terlindungi dengan baik. Kamera UV tidak dapat melihat masalah lain di kulit, seperti kulit kering, flek hitam, atau garis halus dan keriput. 

Mengapa NIVEA perlu untuk memberi edukasi tentang pentingnya menggunakan sunscreen di dalam aktivitas harian?

Perlindungan kulit sama pentingnya dengan perlindungan wajah yang disiplin kita lakukan. Pakaian ataupun aksesori perlindungan dari sinar UV seperti topi, tidaklah cukup untuk melindungi kulit. Mengapa? Gelombang sinar UV mampu menembus pakaian bahkan kaca sekalipun. Ini lah alasan mengapa sunscreen penting digunakan tidak hanya saat melakukan aktivitas di luar ruangan, namun juga di dalam ruangan. Lewat campaign “Sayangi Tubuhmu, Rawat Kulitmu #ILOVEMYVODY”, NIVEA ingin menyuarakan, agar kita dapat lebih menyayangi tubuh, mulai dari memberikan proteksi maksimal kepada kulit lewat pemakaian sunscreen secara disiplin.

Bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat dan sesuai untuk iklim tropis di Indonesia?

Sunscreen yang memberi efek lengket dan berminyak di kulit menjadi alasan lainnya mengapa kita “malas” menggunakan sunscreen untuk sehari-hari. Well, tips dari FIMELA, pilihlah sunscreen sesuai kebutuhan kulit dan aktivitas yang kamu lakukan. Gunakan sunscreen yang tidak hanya mampu melindungi kulit, namun juga sekaligus memberi perawatan dengan kandungan ekstra vitamin yang terdapat di dalam sunscreen.

 Must-Try:

NIVEA Instant White Firming Body Serum SPF 33: Serum yang telah dilengkapi formula SPF 33 dan PA+++. Serum bekerja untuk merawat kulit dengan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan dan merawat kulit. Triple Protection SPF 33 dan PA+++, bermanfaat untuk memberi perlindungan pada kulit dari sinar UVA dan UVB.

NIVEA Extra White Firming Body Serum SPF 33: Serum yang telah dilengkapi vitamin C dan ekstrak Camu-camu berry yang bermanfaat untuk memberi nutrisi dan sebagai antioksidan pada kulit. Teknologi Hydra IQ dan Red Seaweed di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit selama 24 jam. Untuk pemilik kulit kering, lotion ini bisa jadi list produk kecantikan selanjutnya lho.

NIVEA Age White Firming Body Serum SPF 33: Untuk kita yang membutuhkan perlindungan kulit dari aging, serum ini patut dipertimbangkan. Serum dilengkapi dengan SPF 33 PA+++ plus kandungan Q10 dan Soy ekstrak yang bermanfaat sebagai anti-wrinkle dan antioksidan, serta meningkatkan energi pada sel kulit untuk membantu merawat kekencangan kulit.

What's On Fimela
Loading