Sukses

Beauty

DIY Obat Jerawat Alami dari Pepaya

Fimela.com, Jakarta Keberadaan jerawat di wajah tak boleh disepelekan. Biasanya jerawat muncul karena pori-pori tersumbat minyak berlebih, debu, dan kotoran lainnya. Jika tak diatasi, kondisi kulit tersebut bisa jadi tempat berkembang biak yang nyaman untuk bakteri penyebab jerawat.

Selain faktor kotoran dari luar, ketidakseimbangan hormon juga bisa menimbulkan jerawat. Memang, sekarang banyak obat yang bisa didapatkan di pasaran untuk mengatasi jerawat. Namun obat alami masih jadi pilihan terbaik karena selain lebih murah juga lebih aman bagi kulit jika digunakan rutin.

Salah satu bahan yang bisa jadi obat alami jerawat adalah pepaya. Mungkin sudah banyak yang tahu kalau pepaya memiliki manfaat luar biasa bagi kulit, terutama saat berjerawat. Pepaya bisa menyamarkan kemerahan akibat peradangan yang terjadi.

Selain itu, pepaya juga bisa mengangkat sel kulit mati dan meremajakannya kembali. Nah, di bawah ini ada beberapa cara memanfaatkan pepaya sebagai obat jerawat, silahkan disimak, ya!

 

Pepaya dan madu

Siapkan potongan pepaya dan madu mentah, perkirakan porsi untuk menghasilkan pasta yang halus, masukkan ke dalam blender. Setelah jadi, pulaskan ke seluruh wajah atau area yang bermasalah dengan jerawat lainnya. Diamkan 40-45 menit, setelah itu basuh dengan air biasa. Madu asli yang digunakan sangat ampuh untuk membasmi bakteri penyebab jerawat serta melembapkannya.

Pepaya dan cuka apel

Cuka apel berfungsi menyeimbangkan pH level di kulit serta mengobati peradangan. Caranya, tumbuk halus pepaya, tambahkan air dan cuka apel dengan takaran yang sama, sesuaikan sampai pepaya menjadi pasta halus.

Kompres wajah dengan handuk yang telah direndam air hangat, setelah beberapa menit, aplikasikan pasta tadi ke atas handuk tadi secara merata dan biarkan mengering. Setelah kering, bersihkan dengan air biasa.

Pepaya dan jeruk

Jeruk berfungsi sebagai astringen alami yang membantu mengatasi kelebihan minyak pada wajah. Campurkan 2 sdm pepaya halus dengan 1 sdm perasan jeruk, aduk sampai merata. Setelah jadi, aplikasikan di wajah dan biarkan selama 20 menit sebelum mencucinya dengan air.

Pepaya dan kayu cendana

Kayu cendana merupakan eksfoliator yang ampuh, serta mampu mendetoksifikasi kulit. Blender pepaya sampai halus, tambah 1 sdt bubuk kayu cendana serta madu. Setelah dirasa halus, oleskan ke area berjerawat dan diamkan 15 menit lalu bilas dengan air biasa.

Semua masker ini bisa diterapkan setiap hari untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading