Sukses

Beauty

Ngemil Karena Stres Tidak Lagi!

Vemale.com- Tak dapat disangkal bahwa setiap orang yang menghargai kesehatan tentu ingin memiliki pola makan yang sehat. Namun, serangan ngemil saat stres mendera bisa menumbangkan harapan mulia tersebut.

Sebenarnya mengudap atau ngemil itu sendiri tidaklah buruk, namun bisa jadi buruk jika Anda melakukannya saat merasa bosan, stres, lelah, atau depresi. Mengapa? Karena Anda jadi cenderung mengabaikan takaran gizinya.

Ada juga wanita yang ngemil hanya gara-gara ia tak punya kerjaan atau aktivitas lain untuk dilakukan sehingga jatuhlah pilihan pada ngemil.

Berikut ada 10 alternatif 'snack' yang bisa Anda pilih setiap kali Anda tergoda untuk lari dari suasana hati yang buruk atau kosongnya aktivitas. [break]

Cobalah menarik nafas panjang.Cara ini kerapkali manjur untuk mematahkan hasrat ingin makan saat stress mendera. Duduklah dengan postur tegak dan ambillah nafas dalam-dalam secara perlahan. Tiap nafas harus diambil antara 5 hingga 10 detik, demikian juga saat menghembuskannya. Lakukan selama 5 menit. Ini tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih baik, namun keinginan ngemil itupun bakal lenyap.

Mengunyah permen karet bebas gula.

Mengunyah permen karet merupakan cara termudah untuk menghindarkan diri dari ngemil yang tidak sehat. Selain itu, mengunyah permen karet juga terbukti bisa meningkatkan kesiap-siagaan seseorang saat harus bermulti-tasking.

Tidur cukup.

Studi menunjukkan bahwa wanita yang sedikit tidur memiliki kecenderungan untuk makan lebih banyak. Kurang tidur juga bisa menimbulkan efek kurang baik bagi kesehatan, misalnya seperti meningkatkan resiko diabetes dan penyakit jantung. Jadi, pastikan bahwa Anda menghabiskan sedikitnya 7 jam saat malam agar kecenderungan untuk makan banyak makin berkurang. [break]

Lakukan sedikit peregangan otot/ olahraga mini agar pikiran teralih dari makanan.

Berikut ada 2 cara mudah untuk meregangkan tubuh, pertama, dalam posisi berdiri, buka kaki, putar kepala sejauh yang Anda bisa ke kanan dan tahan selama 5 detik. Lalu, lakukan hal yang sama ke arah kiri. Lakukan hingga 5 kali.

Kedua, dengan posisi kaki yang sama, julurkan tangan ke samping sehingga tubuh membentuk huruf T. Lalu, putar tubuh hingga satu tangan mengarah ke depan dan lainnya di belakang. Lakukan selama 10 menit untuk kedua arah yang sama.

Olahraga!

Pergilah ke gym, ikuti kelas yoga, atau larilah di taman. Jika Anda bekerja, maka tinggalkan tempat duduk saat jam istirahat, dan berjalanlah keliling ruangan atau gedung, bisa juga dengan naik turun tangga selama beberapa kali.

Minum air!

Ketika Anda ingin makan akibat meresponi apa yang sedang Anda rasakan saat itu, maka pilihlah air. Selain baik untuk sistem pencernaan, air memberikan kesan kenyang bagi perut Anda. [break]

Ubah fokus ke hal lain.

Misalnya dengan menata ulang lemari pakaian, membersihkan rumah, nonton film, atau mendengarkan musik. Ini akan membantu mengalihkan fokus Anda dari makanan. Ingat saja bahwa saat Anda sibuk, adakalanya terkadang Anda bisa sampai lupa makan bukan?!

Cobalah beberapa pakaian.

Bila Anda mencoba beberapa koleksi pakaian yang ada di lemari, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Selain membuat Anda mengurungkan niat untuk makan (apalagi jika baju mulai terasa sedikit sesak), kesempatan ini bisa menjadi ajang penemuan perpaduan berbusana yang baru bagi penampilan Anda.

Selidiki mengapa Anda stres.

Anda bisa meluncur ke rumah sahabat atau meneleponnya untuk curhat. Selain membuat hati plong, Anda pun dijamin tidak akan merusak tubuh dengan kudapan yang tidak sehat. Atau, Anda bisa menuangkan isi hati dalam diary.

Jika toh, Anda harus ngemil...

Pilihlah buah yang membutuhkan waktu untuk mengupas, misal seperti jeruk atau pear. Ini akan memperlambat kecepatan ngemil dan menolong Anda tetap sehat.

(vem/meg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading