Sukses

Beauty

Rambut Kering: Gejala Penyakit Serius

Vemale.com - Oleh: Laili Dian Rahmawati WN

Tiap-tiap orang memiliki masalah rambut yang berbeda. Salah satu problem yang sering muncul pada rambut adalah kekeringan. Masalah ini cukup sulit untuk diatasi karena berhubungan dengan kelembaban alami yang telah hilang. Rambut kering dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu ekternal dan internal. Contoh faktor eksternal seperti proses styling rambut yang berlebihan, terkena sinar matahari langsung, dan terkena air kolam yang mengandung klorin. Sedangkan faktor internalnya bisa jadi indikasi menyangkut masalah kesehatan Anda. Simak enam penyebab rambut kering berikut karena mungkin Anda harus mengkonsultasikannya dengan ahli kesehatan Anda.

1. Terlalu sering keramas dan menggunakan pengering

Mencuci rambut Anda terlalu sering, terutama dengan shampo yang keras, akan menghilangkan kelembaban rambut. Hal ini terjadi karena keramas menghilangkan kotoran yang menempel pada rambut dengan membawa serta minyak pelindung rambut. Panas dari pengering dan pelurus rambut juga menambah kekeringan pada rambut. Untuk menghindari kekeringan pada rambut, cuci rambut Anda dua atau tiga kali seminggu, lalu gunakan kondisioner. Untuk variasi, Anda juga bisa menggunakan mayones sebagai kondisioner lho!

2. Keringnya lingkungan

Iklim di dareah tempat Anda tinggal juga mempengaruhi tingkat kelembaban rambut. Semakin panas wilayah menunjukkan tingginya sinar matahari di daerah tersebut yang menyebabkan keringnya rambut. Hal ini terjadi pula pada Anda yang menyukai kegiatan di luar ruangan, yang terekspos sinar matahari, angin, air laut atau kolam renang. Namun, Anda dapat mengurangi resiko kekeringan rambut dengan cara menggunakan topi saat di luar ruangan dan menggunakan penutup kepala saat berenang di kolam yang mengandung klorin.

3. Anoreksia

Orang-orang yang menderita anoreksia membuat dirinya kelaparan untuk senantiasa terlihat kurus. Padahal, dengan melakukannya, tubuh mereka menjadi kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga badannya tetap sehat. Salah satu pengaruhnya adalah kesehatan rambut akan kehilangan kilauan dan kelembutannya. Bersamaan dengan itu, kulit kepala akan menjadi kering dan kerontokan rambut akan mengancam.

4. Malnutrisi

Sama dengan anoreksia, orang yang menderita malnutrisi tidak dapat mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambutnya untuk tetap sehat. Akibatnya, rambut akan menjadi kering, rapuh, dan rusak. Biasanya, rambut kering menunjukkan pola makan Anda yang kurang omega-3, asam lemak esensial yang terdapat dalam ikan salmon dan minyak ikan, kacang walnut, dan biji rami.

5. Hipotiroidisme

Ini merupakan suatu kondisi di mana tubuh memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang relatif sedikit. Rambut yang kering, rapuh, dan tipis merupakan gejala awal hipotiroidisme yang juga ditunjukkan dengan tubuh menjadi lemah, mudah lelah, depresi, dan nyeri sendi atau otot. Apabila kondisi ini dibiarkan dan terjadi secara terus-menerus, tubuh akan mengalami penurunan fungsi sehingga menjadi lesu secara mental dan fisik serta akan timbul gejala lain mulai dari yang ringan sampai parah.

6. Hipoparatiroidisme

Hipoparatiroidisme adalah kondisi kekurangan hormon paratiroid, yang mengakibatkan kadar kalsium dan fosfor dalam darah menjadi turun dan naik, tidak stabil. Hal ini dapat menyebabkan rambut kering, kulit bersisik, katarak, otot kram dan kejang, serangan jantung, dan lain-lain. Penyebab penyakit ini yang paling sering ditemui adalah cacatnya kelenjar paratiroid ketika seorang pasien tengah menjalani proses operasi pada kepala atau leher.

(vem/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading