Sukses

Beauty

Solusi 5 Hari Untuk Rambut Kering

Vemale.com - Oleh: Laili Dian Rahmawati WN

Pada umumnya rambut memiliki kadar air sekitar sepuluh persen. Jika kadar air dari rambut Anda berada di bawahnya, hal yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan kemampuan rambut untuk mempertahankan kelembabannya. Bagaimana Anda dapat melakukannya? Artikel ini akan membantu Anda mengembalikan kelembaban rambut yang hilang dalam waktu relatif singkat. Selama lima hari ke depan, ikuti petunjuk di bawah ini.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyingkirkan produk penata dan pengering rambut Anda. Rambut butuh istirahat dari bahan-bahan yang selama ini telah mengikis kealamiannya. Biarkan udara mengeringkan rambut Anda secara alami tanpa produk penataan rambut apapun! Selanjutnya, pergi ke salon dan potonglah setidaknya satu inci rambut Anda. Ini akan membantu menghilangkan bagian rambut yang paling kering. Jika rambut Anda terlihat kusam, tinggalkan produk penataan rambut Anda dan gantikan dengan perawatan untuk melembabkannya. Untuk itu, di hari pertama, lakukan langkah berikut ini; campurkan baking soda dan shampo untuk mencuci rambut atau hanya bilas rambut Anda setelah keramas dengan campuran tersebut untuk memperindah rambut.

Selama lima hari tersebut, cukup cuci rambut Anda sekali atau dua kali dengan shampo yang lembut (pastikan kata "lembut" ada pada botol shampo). Sampo tersebut akan memberikan kesempatan pada kulit kepala Anda untuk menghasilkan minyak dan membantu penggantian air di pangkal rambut. Setelah Anda menggunakan shampo, pakai kondisioner pada rambut Anda. Jangan takut untuk memperbanyak kondisioner! Diamkan kondisioner selama beberapa menit setelah Anda selesai mandi air hangat. Uap panasnya akan membantu kondisioner menembus batang rambut.

Selama lima hari ini, berikan perawatan kelembaban pada rambut untuk memeliharanya tetap sehat. Setelah memakai shampo dan menggunakan kondisioner seperti dijelaskan di atas, pakailah minyak almond pada ujung rambut Anda yang kering. Setelah rambut Anda kering, gunakan minyak safflower yang bisa didapat di supermarket lokal dengan harga terjangkau. Minyak ini terdiri dari asam lemak esensial, salah satu pelembab yang paling baik. Bahan ini tidak hanya menggantikan kadar air yang hilang tapi juga melembabkan dan mempertahankan kelembaban tersebut pada rambut. Kulit kepala memproduksi asam lemak esensial terbaik, yang dikenal sebagai sebum. Bila rambut Anda sudah melebihi bahu, tidak semua bagiannya akan mendapat minyak alami ini, sehingga batang rambut akan kehilangan asam lemak esensial. Cara memakai minyak safflower pada rambut Anda adalah dengan menggosokkan satu atau dua tetes minyak safflower di telapak tangan Anda, ratakan pada rambut dimulai dari ujungnya. Kemudian biarkan, jangan dibilas.

Tahap akhir perawatan untuk rambut Anda dapat dilakukan sekali atau dua kali selama lima hari. Perawatan ini menggunakan masker pelembab untuk rambut Anda. Haluskan sebuah alpukat dan ratakan pada rambut. Kemudian, ambil plastic-wrap dan bungkus rambut Anda. Selanjutnya, tutupi kepala Anda dengan handuk panas atau gunakan pengering rambut untuk memanaskan alpukatnya. Hal ini akan membuat nutrisi pelembab dari alpukat mampu menembus batang rambut. Diamkan semuanya di rambut Anda sekurang-kurangnya dua puluh menit sampai satu jam. Setelah tahap ini, cuci rambut Anda secara menyeluruh. Lanjutkan dengan kondisioner dan beberapa minyak almond. Setelah lima hari, rambut Anda akan jadi lebih halus, lembut, dan bersinar!

(vem/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading