Sukses

Beauty

Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir yang kering membuat wajah terlihat kusam. Bibir yang pecah-pecah juga tidak indah dilihat, apalagi jika berdarah karena Anda gigit atau Anda tarik. Semahal dan sebagus apapun lipstik Anda, tidak akan cantik menutupi bibir kering dan pecah-pecah.

Agar bibir Anda selalu lembut, tips di bawah ini bisa dipakai.

Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Salah satu faktor yang dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah adalah kebiasaan menjilat bibir dan membasahinya dengan saliva (ludah). Meskipun terasa nyaman, pada akhirnya bibir akan semakin kering. Ludah memiliki enzim untuk pencernaan, dan enzim itu akan membuat bibir menjadi kering. Hindari kebiasaan ini!

Cegah Alergi Kosmetik

Beberapa orang alergi pada jenis kosmetik tertentu, misalnya saja lip balm, lipstik, lip gloss atau produk yang dioleskan pada bibir. Jika bibir terasa gatal, panas dan kering setelah memakai produk tertentu, hentikan pemakaian. Bisa jadi kulit bibir Anda alergi atau kosmetik yang Anda pakai mengandung bahan berbahaya. Jika bibir Anda sensitif, hindari membeli produk bibir yang mengandung parfum.

Beri Pelembab

Untuk menjaga kelembaban alami bibir, Anda bisa mengoleskan produk pelembab bibir yang dioles. Beberapa produk kosmetik mengeluarkan produk pelembab bibir atau lipbalm, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin memakai pelembab bibir alami, Anda bisa memakai madu, minyak kelapa, atau beberapa bahan alami lain yang bisa dilihat di 7 Tips Atasi Bibir Pecah-Pecah.

Rajin Scrub Bibir

Selain kulit wajah dan kulit tubuh, bibir juga harus mendapatkan sensasi scrub untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Sel kulit mati yang menumpuk inilah yang akhirnya menebal sehingga membuat bibir tampak kering dan pecah-pecah. Untuk melakukan scrub bibir, Anda hanya memerlukan gula pasir dan minyak zaitun. Cara penggunaan scrub alami untuk bibir bisa Anda baca di Bibir Lembut Dengan Scrub Alami.

Nutrisi Dari Dalam

Selain faktor dari luar, Anda harus memberi nutrisi dari dalam. Nutrisi yang tepat dapat membuat bibir tetap sehat dan lembut. Beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan bibir adalah jeruk, apel, tomat, berry dan berbagai jenis buah lainnya.

Jangan Sampai Dehidrasi

Jaga agar Anda terhindar dari dehidrasi. Salah satu ciri dehidrasi adalah bibir yang kering. Pastikan asupan air Anda terpenuhi setiap hari. Delapan gelas air adalah jumlah rata-rata yang diperlukan seseorang setiap hari. Jumlah tersebut bertambah jika Anda sering melakukan aktivitas fisik yang berat.

Dengan tips dalam artikel ini, bibir Anda tetap sehat dan lembut.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading