Sukses

Beauty

Hair-O-Graphy

Apakah selama ini Anda selalu berkutat dengan aneka permasalahan rambut? Mulai dari sulit diatur, kering, mudah lepek, dan masih banyak problema lain. Hmm...Ingin tahu beragam hal mengenai rambut Anda? Yuk, simak suguhan Cosmo kali ini!

Permasalahan rambut kerap jadi problema yang menyebalkan. Namun sebelum Anda buru-buru memotong pendek rambut, coba tahan dulu. Jangan-jangan selama ini justru Anda salah merawatnya! Di edisi ini, Cosmo menampilkan aneka tip seru mengenai perawatan dan penataan menyesuaikan dengan kondisi rambut. Simak trik mudahnya, dan dijamin rambut indah jadi milik Anda.

THICK AND FRIZZY

Rambut kering dan tebal sudah selayaknya mendapatkan perawatan ekstra agar penampilannya tetap terlihat indah nan lembut. Namun bukan hanya itu, tipe rambut yang satu ini juga rentan akan masalah lainnya, seperti pecah-pecah dan mudah patah. Yuk, berikan perhatian lebih dengan melakukan perawatan rutin memakai beberapa produk pilihan dan tip berikut!

Home Treatment

  1. Bersihkan rambut memakai shampo untuk jenis rambut kering. Pastikan membilas busa shampo hingga benar-benar bersih. Ini untuk menghindari tertinggalnya residu dari shampo pada kulit kepala yang menyebabkan ketombe dan masalah rambut lainnya. Coba: L’Oreal Paris Re-Nutrition Sampo yang diperkaya kandungan royal jelly yang menutrisi rambut dan membuatnya terasa lembut dan ringan.
  2. Gunakan juga conditioner setiap kali keramas. Pilih produk dengan perpaduan conditioner dan kandungan nutri-oil serum yang mampu menjaga kelembapan rambut seperti yang dimiliki Dove Nourishing Oil Care Daily Treatment Conditioner. Rambut dengan tekstur tebal dan kasar menjadi lembut dan mudah ditata. Caranya: Bubuhkan pada batang rambut secara merata setelah mencuci rambut, kemudian bilas hingga bersih.
  3. Tak jarang rambut kering memiliki penampilan kusam. Atasi dengan hot oil yang dilengkapi kandungan gandum dan minyak kelapa untuk meningkatkan kelembaban dan kilauan rambut. Rendam tube hot oil dalam air hangat selama satu menit. Lalu aplikasikan pada kulit kepala dan rambut yang basah, sambil beri pijatan lembut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas memakai air dingin. Cosmo loves: Oriflame Nature Secrets Hot Oil Wheat & Coconut

Do-It Yourself!

Solusi cantik untuk rambut kering dan kasar bisa diraih dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur untuk dijadikan masker. Ambil putih telur dari satu buah telur, lalu aduk hingga berbusa, kemudian campurkan yoghurt tawar dan mayonese. Ratakan pada rambut yang telah dibasahi. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan rambut dengan shampo memakai air hangat dan akhiri dengan air dingin.

Salon Treatment

Lakukan perawatan ekstra pada rambut sekaligus relaksasi di rumah kecantikan seperti yang ditawarkan oleh J.F. Lazartique Salon. Untuk rambut kering dan kasar Anda bisa memilih menu perawatan Shea Butter Hair Treatment. Perawatan dimulai dengan membasahi rambut (tanpa shampo), kemudian berlanjut dengan pemberian Pre-shampo Mask Shea Butter. Perawatan dilakukan secara maksimal, dengan hanya mengambil beberapa helai rambut dalam mengaplikasikan masker. Setelah masker merata secara menyeluruh pada batang rambut, dilakukan penguapan memakai ozon selama 25 menit yang bertujuan agar masker terserap oleh batang rambut dengan maksimal. Terakhir rambut dibersihkan memakai pilihan jenis sampo yang disesuaikan dengan kondisi kulit kepala. Where to go: Jakarta – Plaza Indonesia, Lt. 4/G08

Do Her Style!

Siapa bilang rambut tebal dan mengembang susah untuk ditata? Rambut jenis ini bisa kok, ditata dengan berbagai gaya. Lihat saja penampilan Vanessa Hudgens, Selena Gomez, dan Lea Michelle dengan tekstur rambut mereka yang lebat, tetap bisa tampil cantik maksimal dengan penataan rambut tergerai. Gorgeous!

Styling Tips

  1. Bersihkan rambut memakai sampo Phytolisse yang kandungannya mampu menjaga kelembapan setiap batang rambut.
  2. Sebelum melanjutkan penataan, terlebih dahulu lapisi rambut yang masih lembap memakai Organix Brazilian Keratin Therapy Flat Iron Spray yang berfungsi untuk menjaga kondisi rambut agar tidak mengalami kekeringan dan kerusakan akibat suhu panas dari alat penataan rambut. Kemudian mulailah menata rambut dengan blow tarik memakai hair dryer.
  3. Untuk hasil maksimal lanjutkan penataan dengan meluruskan rambut memakai hair straightener. Setelahnya, berikan sentuhan hair serum pada rambut yang sudah tertata rapi pada ujung rambut untuk menghindari rambut bercabang, dan pada bagian atas kepala untuk mengatasi helai-helai rambut yang berdiri.

Fun Facts:

Mencukur rambut tidak akan membuatnya tumbuh lebih tebal karena ketebalan rambut ditentukan oleh gen yang Anda miliki.

Pertumbuhan rambut orang Afrika yang kebanyakan memiliki tekstur tebal dan kasar, terbilang lebih lama dibandingkan orang Eropa dan Asia.

Expert Quotes

"Untuk rambut kering dan tebal, sebaiknya pilih produk rambut berbahan dasar silikon untuk mencegah rambut pecah-pecah dan bercabang." – Eugene Souleiman [initial]

Source:  Cosmopolitan Edisi Oktober 2012, halaman 153

(Cosmo/bee)

OILY GAL

Saat rambut mulai mudah kusut, tatanan rambut sulit bertahan lama, lepek dan cepat kotor, maka sudah dapat dipastikan Anda mengalami bad hair day! Cosmo rasa, itu adalah problem utama dari tipe rambut berminyak. Tetapi tahukah Anda jika rambut berminyak bisa menyebabkan jerawat di kulit kepala, hingga menyebabkan kerontokan pada rambut? Hindari hal tersebut dengan trik jitu Cosmo!

Home Treatment

  1. Jangan malas mencuci rambut! Untuk mengatasi produk minyak berlebih pada kulit kepala, sebaiknya bersihkan rambut setiap 2-3 hari sekali menggunakan sampo yang tepat, seperti Sunsilk Clean & Fresh Shampoo. Sebaiknya gunakan air dingin agar pori-pori di kulit kepala tidak bereaksi sehingga produksi minyak pun berkurang. Hindari melakukan keramas setiap hari, karena itu malah akan menstimulasi kelenjar sebum untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi!
  2. Hindari mengaplikasikan conditioner pada kulit kepala Anda. Hal ini bisa membuat kondisi kulit kepala semakin berminyak, dan membuat rambut tampak lepek. Cukup gunakan mulai dari tengah rambut hingga ke ujungnya. Cobalah The Body Shop Rainforest Balance Conditioner yang memiliki tekstur ringan, hingga tidak akan menjadikan rambut Anda terlihat lepek.
  3. Agar produksi minyak pada kulit kepala tidak semakin membandel, hindari pemakaian serum rambut secara berlebih. Produk ini banyak mengandung pelembab ekstra sehingga bisa membuat rambut semakin berminyak. Solusi lainnya untuk memberi nutrisi tambahan pada kulit kepala? Aplikasikan Phytopolleine Universal Elixir-Scalp Stimulant yang akan memperlancar peredaran darah pada kulit kepala Anda!

Do-It-Yourself!

Selain mampu membersihkan minyak berlebih pada rambut, baking soda juga bisa menjaga keseimbangan pH kulit kepala sehingga ketombe yang disebabkan oleh timbunan minyak pada kulit kepala pun dapat dihindari. Campur secangkir baking soda dengan satu liter air, dan simpan dalam botol. Terapkan masker pada rambut yang telah dibasahi terlebih dahulu, lalu pijat dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas rambut sampai bersih tanpa sampo.

Salon Treatment

Kerastase Scalp Ritual Oil Balancing yang merupakan sebuah perawatan terkini menggunakan teknologi System Clarte Tonic ini mampu membersihkan serta menyeimbangkan kadar minyak berlebih pada kulit kepala. Where to go: May May Salon, Mall Taman Anggrek, (021) 5639596
L’Oreal Hair Loss Teraphy dengan menggunakan masker untuk membantu menyuburkan rambut, bisa menjadi opsi tepat apabila kondisi rambut sudah semakin memburuk. Honey...kondisi kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih juga bisa menyebabkan kerontokan, lho! Lakukan treatment tepat dengan segera! Where to go: D’Glam Salon, Senayan City, (021) 72781717.

Do Her Style!

Butuh inspirasi tatanan rambut untuk mengatasi rambut berminyak? Lihat saja tampilan ponytail Amber Heard yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi bad hair day. Pemilihan topi seperti Diane Kruger pun bisa jadi solusi instan ketika Anda tidak sempat keramas. Hmm...side part bang ala Kate Bosworth? Sebuah opso untuk menghindari jerawat!

Styling Tips

  1. Saat rambut mulai berminyak, mengepang atau mencepol rambut bisa jadi jalan keluar. Hasilnya? Anda akan tetap terlihat stylish!
  2. Cara lain adalah dengan mengganti belahan rambut. Jika biasanya Anda membelah rambut di sisi kanan, ganti posisi belahan ke sebelah kiri, jepit dengan hairpin cantik. Dengan cara ini, Anda dapat memperlihatkan sisi rambut yang lebih bersih dan bervolume.
  3. Memiliki poni menyebabkan rambut berminyak Anda semakin terlihat lepek. Rambut yang bersentuhan dengan wajah menyerap minyak dari dahi. Nah, jika Anda mengalami seperti ini, Cosmo berikan tip sederhana namun stylish untuk mengakali masalah rambut Anda. Tarik poni ke atas, sasak agar bervolume, dan putar sekali saja. Tundukkan kepala dan jepit ke belakang dengan bobby pin.

Fun Facts

Pada wanita dewasa, kondisi hormon yang kurang seimbang ternyata bisa menyebabkan produksi kelenjar minyak semakin berlebih. Seperti misalnya ketika Anda mengalami menstruasi ataupun sedang mengkonsumsi pil KB. Oleh karenanya, perawatan lebih intensif harus dilakukan untuk mempertahankan pesona rambut!

Expert Quotes

"Setelah keramas, belah rambut jadi beberapa bagian. Arahkan hairdryer pada bagian akarnya sambil ditarik memakai sisir. Rambut yang tadinya berminyak pun akan terasa lebih ringan dan halus!" – John Barret [initial]

Source:  
Cosmopolitan Edisi Oktober 2012, halaman 153 

FINE TRESSES

Pemilik rambut tipis dan halus boleh berbangga, karena rambutnya senantiasa tampak baik-baik saja. Namun, sebenarnya rambut jenis ini cenderung sulit ditata. Tiap helainya juga cenderung mudah rapuh dan rontok, apalagi jika diabaikan kesehatannya. Jangan khawatir, ladies! Ada banyak cara mudah untuk merawat, menata dan mempertahankan sang mahkota agar tetap cantik bersinar.

Home Treatment

  1. Cuci rambut minimal dua hari sekali dengan sampo yang sudah dibusakan di tangan Anda. Jangan menggosok rambut, cukup mencucinya dengan lembut. Gunakan sampo ringan berbahan alami yang mampu membantu rambut tampak lebih tebal. Cosmo loves: Kiehl’s Ultimate Thickening Shampoo yang mengandung anti-oksidan dan omega-6 dengan aroma cedarwood dan peppermint yang menyegarkan.
  2. Tanpa kondisioner, rambut jenis ini sudah begitu nyaman saat disentuh. Tapi, kondisioner dapat digunakan sebagai pencegah rambut bercabang yang ampuh. Jangan memilih conditioner yang bertekstur terlalu creamy agar rambut tak terlihat semakin 'jatuh'. Pantene Nature Care Conditioner dengan almond oil dapat diaplikasikan pada bagian tengah hingga ujung rambut untuk melembutkan rambut tanpa membuatnya lepek.
  3. Rambut juga butuh regenerasi, lho! Tapi Anda harus berhati-hati, karena penggunaan hair tonic yang berlebihan dapat menyebabkan rambut berketombe. Memakai hair serum dan memijat kulit kepala setiap habis keramas akan melancarkan peredaran darah dan mencegah kerontokan. Coba: Kerastase Specifique Ampola Aminexil yang memperbaiki pertumbuhan rambut dan membuatnya lebih sehat berkilau.

DO-IT-YOURSELF

Setiap seminggu sekali, gunakan lidah buaya yang telah dihaluskan atau madu murni berkualitas tinggi sebagai masker. Diamkan selama 10-15 menit, lalu cuci dengan air bersuhu normal. Saat menjelang tidur, manjakan rambut dengan extra virgin olive oil. Et voila! Rambut Anda akan memancarkan kilau memukau keesokan harinya.

SALON TREATMENT

Setiap sebulan sekali, manjakan rambut dengan masker mewah seperti Kerastase Volumactive Ritual yang diaplikasikan setelah keramas untuk menciptakan rambut lebih indah dan mengembang. Where to go: Irwan Team Hair Design, Grand Indonesia Shopping Town West Mall, (021) 23580644.

Bagi rambut tipis yang rontok, terapi Micro Ion dengan alat electro stimulation akan baik untuk memperbaiki nutrisi rambut. Satu kali perawatan terdiri 12 tahap, di antaranya analisis rambut dengan micro camera, lalu pencabutan sehelai rambut dari empat sisi kepala untuk melihat kondisi akar rambut. Dari tindakan ini dapat dilihat bentuk akar rambut yang diperbesar di layar monitor. Selanjutnya, perawatan akan disesuaikan dengan bentuk akar rambut untuk menyempurnakan regenerasi rambut. Where to go: Peter F. Saerang Salon, Mall Taman Anggrek (021) 5639323.

Do Her Style!

Ketiga bintang Hollywood ini tak pernah takut berganti gaya. Emma selalu berhasil tampak fab baik dalam warna rambut blonde, brunette maupun rose gold. Keira berani memangkas rambut panjangnya menjadi bob asimetris yang manis. Sementara Natalie Portman terkenal kerap mencoba ragam cutting dan menjadikannya tetap lady-like!

Styling Tips

  1. Jangan tergoda produk berbentuk pasta, wax, gel dan krim karena akan menyulap rambut menjadi tampak greasy. Aplikasikan mousse saat rambut dalam keadaan 80% kering, atau gunakan spray secukupnya pada rambut setelah blowdry.
  2. Rol besar, sisir sikat bulat dan curling iron bisa menjadi sahabat Anda untuk membantu rambut tampak lebih penuh dan berstruktur. Pewarnaan dengan highlight juga akan memberi lapisan-lapisan rambut yang lebih rich dan lush pada rambut. Pilih warna yang sesuai dengan rona kulit wajah.
  3. Untuk tetap tampil stylish, jangan ragu mencoba berbagai gaya rambut. Jika rambut Anda selalu panjang, potongan bob klasik di atas bahu akan membuat Anda lebih chic bak Jackie-O. Rambut medium dengan layer dan poni yang jatuh tepat di atas alis juga dapat memberi kesan lebih flirty. Bosan dengan rambut lurus? Get a perm! Dengan digital perming yang natural, rambut Anda terlihat lebih mengembang dan kian memukau.

Fun Facts

Seperti tubuh, rambut juga perlu diet. Makanan yang kaya iron, protein dan omega-3 mampu menjaga keseimbangan nutrisi rambut. Dapatkan ketiganya dari bayam, kedelai, telur, ikan dan kacang-kacangan. Rambut sehat dan tubuh tetap ramping? Yes, everybody love 2-in-1.

Expert Quotes

"Pola hidup yang sehat akan membantu kondisi rambut tetap lembut bercahaya, sedangkan teknik cutting yang baik akan membuat rambut mudah ditata dalam gaya apa pun." – Peter F. Saerang. [initial]

Source:  Cosmopolitan Edisi Oktober 2012, halaman 153

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading