Sukses

Beauty

COLOR ME (BAD) GOOD!

Melihat warna ternyata bisa bikin Anda berpikir di luar kebiasaan. Para ilmuwan sendiri yang memastikan hal ini!

Ilmuwan yang Cosmo maksud, terdiri dari kumpulan psikolog dan pakar warna yang sepakat dengan bukti kalau aneka nuansa warna yang Anda temui setiap waktu – dimulai dari hal kecil saja seperti pewarna kuku yang Anda pakai sekarang, atau nuansa cafe tempat Anda sedang duduk saat ini – punya daya kuat untuk mempengaruhi cara Anda berpikir.

“Simpel saja. Sebenarnya, kebiasaan ini sudah Anda bentuk sejak kecil tanpa Anda sadari,” ungkap Dewey Sadka, perintis deweycolorsystem.com. Setiap warna yang Anda lihat akan “menembakkan” reaksi unik yang selanjutnya diolah dalam otak Anda. Seperti yang dikatakan para ahli tadi, maka warna-warna ini akan menyihir Anda tak lama setelah mata Anda melirik ke arahnya.

Anda ingin: MELARIKAN DIRI DARI STRES

Try this: Gunakan matras yoga berwarna hijau.

Alasannya: Studi di University of Georgia menemukan kalau banyak orang yang langsung melayangkan fantasinya pada pepohonan dan aneka flora setelah melihat warna hijau dan merasa rileks setelahnya. Tataplah warna hijau pada matras yoga Anda setiap kali stretching menghadap ke bawah. Aktivitas yoga yang nyaris membuat Anda teriak “boring” pasti akan jauh lebih menyenangkan.

Anda ingin: FOKUS SAAT PRESENTASI NANTI

Try this: Wear red nail polish

Alasannya: Warna merah akan memacu otak untuk berpikir lebih detail, seperti yang telah dibuktikan lewat penelitian di University of British Columbia. Pulaskan cat kuku warna merah menyala di hari Anda presentasi. Warna merah punya ruang besar dalam spektrum warna, jadi siapapun akan memandang dengan konsentrasi penuh ke arahnya. Tanpa perlu banyak bicara, semua mata akan terkunci ke arah Anda.

Anda ingin: PUNYA IDE BRILIAN

Try this: Menulis dengan tinta biru.

Alasannya: Para peneliti di University of British Columbia meneliti bahwa mereka yang memiliki bola mata berwarna biru punya kelebihan dalam menggunakan imajinasi. Bila diaplikasikan dalam dunia kerja, maka sebelum Anda memulai brainstorming, ambil waktu sebentar untuk ke luar ruangan dan tataplah langit biru. Ini akan merangsang otak Anda dan membuat ide-ide kreatif mengalir deras.

Anda ingin: LEPAS DARI BEBAN PIKIRAN

Try this: Beli bunga berwarna ungu.

Alasannya: Anda tahu, studi di University of Georgia juga membuktikan lewat penelitian bahwa banyak orang yang memikirkan suara tawa anak kecil yang tanpa beban saat melihat warna ungu. If you’re feeling stressed, ambil satu buket bunga berwarna ungu yang bisa Anda temukan di flower shop. Singgahlah ke sana ketika Anda butuh pereda tensi dan ingin menenangkan diri.

Anda ingin: BISA PULIH SETELAH PUTUS

Try this: Dress your bed in white

Alasannya: Lagi-lagi, University of Georgia meneliti apa fungsi warna putih. Jawabannya: Putih seperti memberi Anda harapan soal masa depan. Di mana seringnya rasa rindu pada mantan menyerang Anda? Di manapun itu – di ranjang, ruang kerja, bahkan kubikal kerja, sematkan warna putih di sudut areanya. Menangkap warna putihnya walau hanya dari sudut mata Anda, akan memberi semangat untuk menjalani perubahan.

Anda ingin: TETAP NYAMAN SAAT BAD DAY

Try this: Hang out di cafe favorit.

Alasannya: Nuansa kayu yang umumnya menghiasi beberapa coffee shop kesayangan Anda,  bukan tanpa alasan. Ketika mata Anda menatap redupnya cokelat di tengah hari yang buruk, tempat ini seolah menjadi area yang begitu menenangkan. Color-associations studies dari The Pantone Color Institute membuktikan bahwa umumnya orang akan langsung merasa nyaman sesaat melihat warna ini.

Anda ingin: MERASA DIINGINKAN

Try this: Kenakan Little Black Dress.

Alasannya: Tanpa perlu diberitahu lagi, Anda pasti tahu magisnya little black dress ketika membalut tubuh Anda. Yup, you feel instantly sexy! Anda merasa seolah telah memegang senjata untuk menaklukkan para pria. Sama seperti studi di Pantone Color Institute, ada getaran menggoda yang melelehkan “pertahanan” para pengagum Anda. Begitu penelitiannya, dan Cosmo percaya!

Anda ingin: PUNYA ENERGI DI  PAGI HARI

Try this: Cat dapur Anda dengan warna kuning.

Alasannya: Selalu ada alasan untuk semangat usai memandang apapun berwarna kuning. Studi yang dilakukan peneliti warna spasial menemukan bahwa siapapun yang menghabiskan waktu di dalam ruangan berwarna kuning akan terlihat lebih enerjik daripada yang tidak. Berlama-lama di sudut dapur di pagi hari mungkin bisa Anda coba saat rasa malas menyerang.

Anda ingin: TIDAK MALAS BERGERAK!

Try this: Kenakan sepatu, tas, ANYTHING orange!

Alasannya: Selain tengah menjadi warna incaran Spring/Summer tahun ini, oranye punya kans dalam hal memberi Anda rangsangan akan apapun! Saat semangat olahraga menurun, sematkan warna oranye pada sepatu olahraga Anda – untuk dijadikan tali sepatu misalnya. Pandang sepatu Anda sebelum mengambil seribu langkah penuh semangat menuju gym. You’re on fire, baby!

Source : Cosmopolitan Edisi maret 2013 halaman 178

(vem/cosmo/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading