Sukses

Beauty

Sudahkah Kosmetikmu Bebas Dari Bahan Berbahaya?

Kosmetik sudah seperti separuh nyawa bagi sebagian wanita. Banyak wanita yang tidak bisa hidup tanpa kosmetik atau mengoleskan lipstik dan eyeshadow di wajahnya. Ada berbagai jenis kosmetik dari berbagai merek mulai dari yang mahal hingga yang murah, dari yang terkenal di seluruh penjuru dunia sampai yang produk lokal. Semua tergantung selera dan kemampuan Anda untuk membeli yang mana. Namun sebelum membeli kosmetik, pastikan cek dulu komposisinya dan pastikan tidak ada 4 bahan berbahaya di bawah ini ladies.

1. Phthalate

Zat ini biasanya terdapat pada komposisi cat kuku. Bagi Anda yang suka mengoleksi cat kuku warna-warni, perhatikan apakah ada zat ini di dalamnya? Zat ini berbahaya karena memiliki efek yang cukup serius.  Ibu hamil yang terkena paparan phthalate berlebihan mampu membahayakan kesehatan janin. Selain itu, phthalate juga memicu kerusakan pada ginjal, paru-paru, dan hati.

2. Sodium laureth sulfate

Sulfate ini adalah zat yang seharusnya digunakan untuk industri otomotif. Namun sering disalah gunakan untuk komposisi pada shampo, sabun, dan pasta gigi. Jika menyerap ke dalam tubuh, Sulfate berpotensi meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita dan kemandulan pada pria. Cek dulu komposisi peralatan mandi Anda sebelum membeli ladies.

3. Formalin

Formalin adalah zat yang digunakan untuk mengawetkan mayat atau pengawet benda-benda mati lainnya. Sayangnya beberapa orang menyalahgunakannya sebagai komposisi pelembap, lotion, tabir surya, shampo, dan kondisioner. Hati-hati ladies, formalin memiliki efek yang sangat berbahaya karena seharusnya tidak boleh mengenai kulit orang yang masih hidup.

4. Triclosan

Triclosan yang berperan sebagai anti bakteri dan campuran detergen adalah senyawa yang cukup berbahaya sifatnya bagi jantung dan kesehatan otot. Bila peralatan kosmetik atau perlengkapan mandi Anda mengandung triclosan, jangan dipakai lagi dan gantilah dengan yang lebih aman.

Berhati-hati dalam memilih kosmetik serta teliti adalah kunci agar tidak terkena bahaya dari zat-zat yang tidak pada tempatnya ini. Periksa apakah kosmetik yang Anda beli sudah lolos BPOM atau belum karena sertifikasi BPOM berarti produk tersebut sudah lolos uji keamanan untuk dipakai sehari-hari.

(vem/Sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading