Sukses

Beauty

6 Makanan yang Mengandung Zat Besi

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh, di antaranya untuk memproses protein seperti hemoglobin dan myoglobin. Kebutuhan zat besi bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, dan berikut enam di antaranya:

1. Dark chocolate dan cocoa powder.

Berbahagialah penggemar cokelat. Dark chocolate (70 sampai 85 persen cacao) disebut-sebut kaya akan zat besi daripada daging sapi. Perbandingannya cukup besar meski dikonsumsi dalam porsi yang sama. Mengkonsumsi cokelat dengan vitamin C seperti buah jeruk akan melengkapi kebutuhan zat besi buat tubuh

2. Roti Gandum

Pilihan bagi para pelaku diet untuk memenuhi isi perutnya, selain itu ternyata gandum mengandung zat besi yang besar, selain memiliki fungsi mencegah penyakit jantung dan kanker. Jadi biarpun tidak melakukan diet roti gandum pun bisa menjadi pilihan buat pengikat zat besi kita.

3. Kulit Kentang

Mungkin sebagian besar kita tidak memakan kulit dari kentang dan mengupasnya untuk dibuang. Ternyata studi menemukan bahwa kulit kentang memiliki zat besi lima kali lebih besar dibanding daging kentangnya sendiri. Jadi sekarang coba yah makan kentang dengan kulitnya.

4. Bayam

sayuran yang sangat membantu kita untuk mengikat zat besi. Dengan bayam kita dapat mengikat banyak sekali zat besi, dan memang bayam sudah dikenal dapat mengurangi gejala anemia. Jadi jangan ragu untuk menyantap bayam setiap minggunya.

5. Tahu

Ini jenis makanan yang paling mudah ditemui dan enak untuk dinikmati. Tahu kaya protein dan zat besi. Namun pastikan tahu yang dikonsumsi alami tanpa ada olahan pabrik atau bahan kimianya.

6. Kacang-kacangan

Sering dijauhi karena mitosnya yang dapat menumbuhkan jerawat lebih banyak. Tapi tahukah? Ternyata kacang-kacangan memiliki zat besi yang banyak. Dalam 100 gram kacang terdapat 5mg zat besi dan 102mg kalsium. Jadi untuk zat besi, kacang bisa membantu kita menyebarkan oksigen dalam tubuh.

Semua bahan makanan tersebut akan meningkatkan zat besi dalam tubuh kita dan akan menambah segar tubuh kita. Darah yang penuh dengan oksigen agar membantu kita untuk beraktifitas dengan lancar.

Ayo hidup sehat bersama, apalagi perempuan yang sering sekali terkena dampak letih dari anemia. Tips ini bisa membantu kita menjadi pribadi yang sehat.

[initial]

(vem/bti/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading