Sukses

Beauty

4 Hal Penting Kalau Kulitmu Berminyak

Merawat kulit berminyak itu gampang-gampang susah. Sekalipun banyak produk yang katanya ampuh membantu mengangkat kelebihan minyak, toh nyatanya setiap hari Anda masih harus mengangkat minyak dari wajah dengan bantuan oil face paper.

Belum lagi masalah-masalah yang Anda alami seperti berjerawat, komedo, dan lain sebagainya. Rasanya sudah mulai lelah. Kapan ya masalah ini akan berakhir?

Punya kulit berminyak memang Anda harus tahu apa yang Anda lakukan. Anda juga dituntut cermat memilih produk yang memang punya kualitas terbaik mengangkat minyak serta memecahkan problem kulit yang Anda punya.

Pastikan untuk membeli dan memakai produk yang diperuntukkan jenis kulit berminyak atau kombinasi, karena formulanya memang dibuat untuk mengatasi problem yang ada. Jangan sesekali memakai produk untuk kulit normal atau kering, karena akan meningkatkan jumlah minyak di wajah.

Selain itu, cermati pula 4 hal penting berikut ini:

Cleansing

Memilih cleanser sangatlah penting, karena umumnya yang disediakan adalah milk cleanser, sedangkan kulit Anda terlampau banyak kandungan minyaknya. Untuk itu, pilih yang memang formulanya dibuat untuk kulit berminyak, yang hanya sedikit kandungan minyaknya.

Kemudian lanjutkan dengan sabun muka, yang akan mengangkat sisa makeup dan minyak setelah memakai cleanser. Langkah berikutnya harus diimbangkan dengan toner, agar kulit lebih segar dan membantu mengangkat sisa kotoran, minyak dan makeup yang mungkin belum terangkat oleh cleanser dan facial wash.

Akan lebih baik hasilnya apabila Anda memakai langkah double di atas. Hindari membersihkan muka dengan satu langkah apabila Anda memiliki jenis kulit berminyak. Itu hanya akan membuat minyak di wajah semakin parah saja.

Pakai tabir surya

Tabir surya sangat dianjurkan untuk segala jenis kulit. Dan memang akan memberikan banyak manfaat pada kulit Anda saat beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari. Khususnya untuk kulit berminyak, Anda dianjurkan memakai tabir surya dengan minimal SPF 20. Aplikasikan kembali setiap 2 jam sekali untuk memberikan perlindungan maksimal.

Pilih makeup

Memilih makeup juga tak bisa sembarangan. Memang tak banyak makeup yang dikhususkan untuk kulit berminyak. Tetapi Anda bisa memilihnya berdasarkan kandungan yang ia punya. Umumnya, makeup yang ramah dan aman untuk jenis kulit berminyak adalah yang bahan dasarnya air.

Pilih juga produk-produk yang bentuknya liquid agar tidak menyumbat pori dan menambah jumlah minyak di wajah.

Hindari gorengan

Langkah terbaik untuk mengurangi kandungan minyak di wajah adalah menghindari makanan gorengan. Bagaimanapun, gorengan atau makanan yang digoreng mengandung banyak lemak dan minyak yang akan menambah jumlah minyak di tubuh, termasuk pada wajah.

Disarankan agar Anda lebih banyak mengonsumsi buah, dan sayuran yang kaya serat.

Minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya agar tubuh dan kulit tidak sampai dehidrasi. Air juga dapat membantu meringankan masalah pada kulit berjerawat. [initial]

BACA JUGA:

Udaranya Dingin Tapi Kok Malah Jerawatan?

Cara Mudah Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Tutorial Make Up Untuk Menutupi Jerawat

Cara Kulit Wajah Bebas Dari Komedo

7 Alternatif Masker Alami Untuk Kulit Berminyak

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading